17 July 2021, 12:20 WIB

Vaksin Masih Efektif Lawan Varian Baru Covid


M Iqbal Al Machmudi |

KETUA Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia (Peralmuni) Iris Rengganis mengatakan vaksin saat ini masih efektif melawan varian covid baru namun tidak seefektif varian yang lama.

"Vaksin masih efektif melawan varian-varian baru walau tidak seefektif dengan varian lama. Jadi saat ini masih efektif, oleh karena itu kita segera divaksinasi," kata Iris dalam webinar Keamanan & Efektivitas Vaksin COVID-19 dengan Adanya Varian Baru, Sabtu (17/7).

Manfaat vaksin juga untuk meningkatkan antibodi untuk melawan virus covid yang masuk ke dalam tubuh manusia. Vaksin juga tetap dapat mencegah perawatan di rumah sakit dan kematian.

"Vaksin juga bisa menurunkan angka perawatan dan kematian akibat covid, oleh karena itu pentingnya vaksinasi pada saat ini," ujar Iris.

"Semakin banyak orang yang divaksin maka herd immunity akan meningkat dan akan menurunkan penularan serta berkurang timbulnya varian-varian baru," jelasnya.

Baca juga: Setelah 3 Bulan Vaksin Antibodi Covid-19 akan Melemah, Harus Divaksin Lagi

Saat ini virus covid sudah berkembang menjadi 11 varian yakni Alpha B.1.1.7 dari Inggris, Beta B.1.351 dari Afrika Selatan, Gamma P.1 dari Brazil, Delta B.1617.2 dari India, Epsilon B.1.427 dari Amerika Serikat, Zeta P.2 dari Brazil, Eta B.1.525 dari banyak negara

Kemudian Theta P.3 dari Filipina, Iota B.1.526 dari Amerika Serikat, Kappa B.1.617.1 dari India, dan Lambda C.37 dari Peru.(OL-5)

BERITA TERKAIT