17 July 2021, 11:42 WIB

Ini Panduan Penyembelihan Kurban di Tengah Pandemi dari IKA UIN Jakarta


Cahya Mulyana |

IDULADHA 1442 H berlangsung di tengah pandemi covid-19. Karena itu, penyembelihan hewan kurban secara mandiri di luar rumah pemotongan hewan atau lembaga ziswaf harus terhindar dari potensi penyebaran covid-19.

Untuk itu, Ikatan Alumni Universitas Islam Negeri (IKALUIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menerbitkan buku panduan praktis kurban di masa pandemi. Panduannya mengadopsi Adopsi Metode HACCP yang diselenggarakan oleh Bidang Pemberdayaan Masyarakat (IKALUIN Care) Syarif Hidayatullah Jakarta.

"Pengambilan judul panduan praktik karena buku ini dibuat agar memudahkan siapa pun untuk memahami dan menjalankan isi dari buku untuk penyelenggara hingga pelaksana penyembelihan hewan kurban di masa pandemi, khususnya di masa pandemi covid-19 ini," ujar Wakil Ketua IKALUIN Syarif Hidayatullah Jakarta Asrorun Niam Sholeh, dalam keterangannya, Sabtu (17/7).

Baca juga: Ini Fatwa MUI Soal Salat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban

Sedangkan Ketua Umum IKALUIN Syarif Hidayatullah Jakarta Ace Hasan Syadzily mengatakan situasi pandemi covid-19 menuntut pelaksanaan penyembelihan hewan kurban lebih hati-hati. Itu guna menghindari potensi penularan covid-19 seperti saat memotong hewan berikut pembagiannya.

"Dengan diterbitkannya buku panduan praktis untuk kurban di masa pandemi yang diterbitkan bidang Pemberdayaan Masyarakat IKALUIN Jakarta diharapkan menjadi pedoman bagi masyarakat yang berkurban secara mandiri di masa pandemi Covid-19. Semoga buku ini bermanfaat bagi masyarakat," tutup Legislator asal Fraksi Golkar itu.

Masyarakat dapat mengunduh panduan itu di laman https://ikaluin.com/blog/2021/07/17/panduan-praktis-k1urba-n-di-masa-pa-ndemi/ (OL-5)

BERITA TERKAIT