17 July 2021, 10:05 WIB

Satpol PP Pukul Ibu Hamil di Gowa saat Razia PPKM, KPPPA : Jangan Gunakan Kekerasan


Ferdian Ananda Majni |

KEMENTERIAN Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) merespons kelakuan Sekretaris Satpol PP Gowa Mardani Hamdan yang memukul ibu hamil saat razia PPKM di Sulawesi Selatan. KPPPA mengajak masyarakat dan aparat pemerintah untuk bersama-sama menciptakan kondisi masyarakat yang antikekerasan, terlebih di masa pandemi covid-19.

“Kita semua setuju jika aturan harus ditegakkan sebagaimana mestinya, tetapi jangan ada kekerasan," kata Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan, Kemen PPPA, Ratna Susianawati.

Selama ini, pemerintah terus berjuang untuk tidak melanjutkan budaya kekerasan di semua lingkup masyarakat hingga lingkup terkecil, yaitu keluarga. Dalam kelompok masyarakat, imbuhnya, perempuan dan anak adalah kelompok rentan sehingga kita semua wajib melindungi dan menghindarkan mereka menjadi korban kekerasan.

Ratna menambahkan pihaknya memahami tugas berat tim gabungan saat melakukan operasi penegakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di daerah masing-masing apalagi masih banyak masyarakat yang melanggar, namun pihaknya minta agar dalam menjalankan tugas tetap mengedepankan dialog dan edukasi.

"Kami mohon agar dapat mengedepankan dialog, edukasi dan mencegah terjadinya aksi kekerasan karena kekerasan bukan jalan keluar saat penindakan PPKM Darurat. Kami berharap masalah di Gowa dapat diselesaikan dengan baik," tegas Ratna. (H-2)

BERITA TERKAIT