16 July 2021, 16:57 WIB

27 Asrama Haji Siap Disulap untuk Penanganan Covid-19


Andhika Prasetyo |

MENTERI Agama Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan sebanyak 27 dari total 31 asrama haji di Tanah Air siap digunakan untuk penanganan covid-19. Sejumlah asrama haji dalam waktu dekat akan dikonversi menjadi rumah sakit darurat dan pusat isolasi.

"Sebanyak 27 asrama haji siap digunakan untuk keperluan penanganan pandemi covid-19. Baik untuk rumah sakit darurat sebagaimana di Pondok Gede, maupun untuk keperluan isolasi mandiri," ujar Yaqut seusai rapat terbatas secara virtual, Jumat (16/7).

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan Wisma Haji Pondok Gede di Jakarta memiliki kapasitas 1.000 termpat tidur. Terdiri dari 900 tempat tidur perawatan dan 100 tempat tidur ICU.

Baca juga: Presiden Ingin Pastikan Kebutuhan Oksigen Medis Nasional Terpenuhi

Selain asrama haji, pemerintah juga erupaya membuka rumah sakit darurat baru di berbagai daerah. Budi mengatakan pihaknya bersama tim Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah melakukan survei tempat di Jawa Barat dan Jawa Tengah untuk membangun rumah sakit lapangan.

"Tim gabungan sekarang sudah jalan lagi ke Surabaya untuk mengidentifikasi potensi, jika diperlukan tambahan tempat tidur," jelas  Budi.(OL-11)

BERITA TERKAIT