15 July 2021, 08:31 WIB

Ombudsman Nilai Pemerintah tidak Konsisten Jalankan PPKM Darurat


Candra Yuri Nuralam | Humaniora

OMBUDSMAN menilai pemerintah masih belum konsisten dalam menjalankan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. Hal itu karena pintu masuk internasional masih dibuka pemerintah.

"Kita melihat kapasitas pemerintah masih belum memadai jika dibandingkan negara lain yang membuka pintu internasional," kata anggota Ombudsman Robert Na Endi Jaweng melalui keterangan tertulis, Kamis (15/7).

Pemerintah diminta fokus menangani pandemi di dalam negeri saat ini.

Baca juga: Tanpa Pengawasan, Perpanjangan PPKM Darurat akan Rugikan Rakyat

Meski pembukaan pintu internasional diatur dalam Surat Edaran (SE) Nomor 47 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Internasional dengan Transportasi Udara, Ombudsman menilai hal itu tidak diperlukan saat ini.

"Indonesia, saat ini, masih dalam situasi yang sangat serius dalam menghadapi penyebaran covid-19 di dalam negeri," ujar Robert.

Ombudsman meminta pemerintah menutup pintu masuk internasional selama PPKM darurat berlangsung. Ombudsman khawatir lonjakan kasus makin tinggi jika pintu masuk internasional tetap terbuka lebar.

"Jadi, penting sekali untuk memastikan konsistensi kebijakan dalam kerangka situasi darurat itu ditegakkan," tutur Robert. (OL-1)

BERITA TERKAIT