14 July 2021, 17:20 WIB

Rayakan HUT ke-10, MRCCC Gelar Aksi Donor Darah


Mediaindonesia.com | Humaniora

SEBANYAK 61 kantong darah berhasil dikumpulkan melalui kegiatan aksi donor darah sebagai bagian dari rangkaian kegiatan memperingati satu dekade usia Mochtar Riady Comprehensive Cancer Centre (MRCCC) atau Siloam Hospitals Semanggi. Aksi donor merupakan kepedulian akan adanya kebutuhan darah di masyarakat, terutama di tengah lonjakan pandemi covid-19 saat ini.

Hospitals Director MRCCC Dr. Adityawati Ganggaiswari, M.Biomed., mengatakan kerjasama yang dilakukan bersama pihak PMI itu dilakukan guna memenuhi kebutuhan stok darah. "Hasil yang terkumpul didistribusikan oleh PMI. Sekitar 61 Kantong yang terkumpul dan setiap kantong berisi 350 ml. Kami lakukan kegiatan ini dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Media yang hadir pun wajib menjalankan pemeriksaan Swab Antigen terlebih dahulu dan tetap menjaga jarak," tutur Adityawati seusai menghadiri donor di lantai 2 Mochtar Riady Comprehensive Cancer Centre (MRCCC), Jakarta.

Baca juga: PMI: 90% Penerima Donor Plasma Konvalesen Sembuh dari Covid

Aksi donor darah melengkapi rangkaian kegiatan HUT ke-10 MRCCC yang telah melayani masyarakat, khususnya pasien kanker. MRCCC pun terus berupaya meningkatkan pelayanannya dalam penanganan kanker, khususnya penanganan secara multidisiplin dimana hal ini sangat diperlukan mengingat kanker penyakit yang penyebabnya multifaktorial dan sangat kompleks.

Sebelumnya  manajemen MRCCC telah mengadakan kegiatan edukasi webinar awan dan medis secara berkelanjutan yang bertujuan untuk berbagi pengalaman para pakar di bidang kanker. Selain itu juga kegiatan pemberian apresiasi kepada 100 pasien dan kepada 10 karyawan yang berprestasi dalam 10 tahun usia perjalanannya.

Adapun aksi donor darah diikuti oleh 72 peserta yang terdiri dari karyawan Siloam Hospitals dan pendamping pasien. Sebelumnya para peserta donor, harus mengikuti seleksi dan memenuhi syarat sebagai pendonor darah, dan sesuai dengan aturan protokol kesehatan yang diberlakukan. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT