14 July 2021, 17:55 WIB

Erick : Krakatau Steel Beri Pengisian Oksigen Gratis 250 ton/bulan


Insi Nantika Jelita | Humaniora

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan, PT Krakatau Steel (Persero) memberikan bantuan pengisian oksigen hingga 800-1.000 tabung oksigen per hari secara cuma-cuma. Langkah ini dilakukan untuk mendukung pemenuhan oksigen di rumah sakit.

"Diperkirakan akan mencapai jumlah 250 ton oksigen per bulannya. Pengisian tabung oksigen ini gratis," ungkap Erick dalam unggahan di sosial medianya, Rabu (14/7).

Dia menyampaikan, permohonan hanya bisa dilakukan oleh rumah sakit, untuk pelayanan kesehatan atau pemerintah daerah, bukan individu.

Erick menyampaikan, berbagai rumah sakit, fasilitas kesehatan, maupun instasi pemerintah di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah sudah mendapatkan bantuan pengisian oksigen dari Krakatau Steel.

"Saat saya datang terdapat petugas dari DKI Jakarta dan juga Temanggung, Jawa Tengah yang sedang melakukan pengisian oksigen. Kami akan senantiasa terus memaksimalkan peran BUMN agar bantuan ke masyarakat bisa cepat tersalurkan. Saya akan pantau terus," tandas Menteri BUMN.

Baca juga: Singapura Tambah Bantuan Iso Tank Oksigen untuk RI

Kebutuga oksigen nasional untuk rumah sakit, saat ini, mencapai 800 ton per hari. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan angka tersebut terus meningkat seiring melonjaknya kasus covid-19.

"Kita mengantisipasi nanti puncaknya, kita membutuhkan 2.200 ton per hari. Tapi memang catatannya, kita harus siap-siap untuk 2.200 ton," kata Budi saat menerima bantuan 21 ISO Tank di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (6/7).

Menurutnya, dengan adanya peningkatan pasien covid-19, kebutuhan oksigen terus bergerak naik. Di samping untuk pasien non-covid, tabung oksigen sangat dibutuhkan untuk merawat pasien covid-19. (OL-4)

BERITA TERKAIT