12 July 2021, 18:45 WIB

Menteri PUPR Sebut Rusun Pasar Rumput Siap Terima Pasien Covid-19


Dhika Kusuma Winata | Humaniora

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapka sejumlah lokasi sudah siap dioperasikan untuk tambahan tempat isolasi dan perawatan pasien covid-19. 

Selain Rumah Sakit Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput Jakarta Selatan untuk tower I juga sudah siap dioperasikan. "Tower I (Rusun Pasar Rumput) ada 689 ruangan dengan total 2.067 tempat tidur. Ini yang sudah siap dioperasikan," ujar Basuki dalam konferensi pers seusai rapat terbatas, Senin (12/7).

"Kemudian, tower II sebanyak 606 unit dengan 1.818 tempat tidur dan tower III 689 unit, seperti tower I dengan 2.067 tempat tidur. Yang tower I sekali lagi sudah siap dioperasikan sejak hari ini," imbuhnya.

Baca juga: Jokowi Mau Impor 50 Ribu Oksigen Konsentrator untuk Pasien Covid-19

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR meninjau persiapan Rusun Pasar Rumput untuk dijadikan rumah sakit darurat covid-19 pada pekan lalu. Rusun itu memiliki tiga menara dengan jumlah total 5.952 tempat tidur.

Adapun Rumah Sakit Asrama Haji Pondok Gede di Jakarta Timur, sudah menerima pasien covid-19 sejak akhir pekan lalu. Berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan, saat ini terdapat 40 pasien yang mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Asrama Haji.

Menurut Basuki, gedung lain di Rumah Sakit Asrama Haji Pondok Gede, termasuk gedung untuk tenaga kesehatan, masih dalam proses renovasi dan secara bertahap akan segera dioperasikan. Selain gedung, Kementerian PUPR juga mulai menyiapkan ruangan dengan memasang tangki oksigen cair.

Baca juga: Ini Penjelasan Menkes Soal Vaksinasi Berbayar

"Di samping untuk menyiapkan ruangan-ruangan tadi, kami juga meng-install tangki liquid oksigen yang hari ini insyaallah akan selesai. Kita install karena baru tadi malam jam 11 masuk dari Cilegon. Sehingga, langsung kita install pada hari ini. Mudah-mudahan malam nanti selesai," pungkas Basuki.

Kementerian PUPR dikatakannya juga sedang membahas rencana renovasi Paviliun Kirana Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo, untuk diubah menjadi rumah sakit covid-19. Basuki menyebut di Paviliun Kirana akan disiapkan enam lantai dengan total kapasitas 390 tempat tidur.(OL-11)

BERITA TERKAIT