10 July 2021, 17:25 WIB

Passing Grade CPNS Tunggu Peraturan Menteri


Tri Subarkah | Humaniora

SEJAK dibuka pada Rabu (30/6), Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menerima 1.262.370 pelamar aparatur sipil negara (ASN) yang mengisi formulir pendafaran. Dari angka tersebut, 457.738 di antara mereka mengajukan posisi yang diinginkan, baik sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Animo masyarakat yang ingin mendaftar sebagai ASN terejawantahkan dari banyaknya komentar yang memenuhi setiap unggahan BKN di media sosial. Bahkan, telah berdiri grup di Facebook bertajuk Seputar CPNS dan PPPK 2021 dengan anggota 230 ribu lebih.

Salah satu topik diskusi dalam grup tersebut yaitu nilai ambang batas (passing grade) di tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Padahal, SKD baru akan berlangsung pada 25 Agustus sampai 4 Oktber 2021.

Menurut Plt Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama BKN, Paryono, pihaknya belum merilis passing grade untuk pelaksanaan seleksi ASN 2021. Ia menjelaskan bahwa hal itu akan dirumuskan dalam Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan-RB).

"Passing grade untuk CPNS tahun 2021 belum keluar. Nanti akan ada Permenpan yang akan mengaturnya," jelas Paryono kepada Media Indonesia, Sabtu (10/7).

Selain itu, BKN banyak menerima pertanyaan di kolom komentar Instagram resminya dari calon pelamar yang masih kebingungan mengenai cara pendaftaran. Pertanyaan-pertanyaan yang masuk seputar swafoto saat mendaftar akun maupun jurusan calon pelamar yang tidak sesuai dengan instansi yang ingin dilamar.

Untuk menghindari kebingungan, Paryono meminta calon pelamar untuk membaca petunjuk teknis terlebih dahulu dengan cermat sebelum membuat akun maupun melamar posisi yang diinginkan. "Kami juga menyediakan forum tanya jawab (freqeuntly asked questions/FAQ) berupa pertanyaan yang paling sering ditanyakan. Semoga dengan itu bisa meminimalisasi permasalahan."

Sejak pembukaan pendaftaran, BKN setidaknya membuka sesi tanya jawab interaktif melalui Instagram Live sebanyak empat kali. Menurut Paryono, upaya itu dilakukan karena helpdesk secara tatap muka tidak dimungkinkan selama pandemi covid-19.

 

Diketahui, proses pendaftaran seleksi ASN masih akan dibuka sampai Rabu (21/7). Lowongan dibuka untuk merekrut 676.733 formasi yang tersebar di 570 instansi pemerintah, yakni 53 kementerian/lembaga, 33 pemerintah provinsi, dan 484 pemerintah kabupaten/kota. (OL-14)

BERITA TERKAIT