09 July 2021, 16:30 WIB

Jokowi: Mulai Besok Asrama Haji Dioperasikan untuk Pasien Covid-19


Dhika kusuma winata |

PRESIDEN Joko Widodo meninjau sekaligus meresmikan Asrama Haji Pondok Gede Jakarta menjadi rumah sakit untuk penanganan pasien covid-19. Mulai besok, asrama haji itu akan mulai beroperasi untuk isolasi dan merawat pasien covid-19.

"Saya lihat semuanya dalam keadaan 99% siap sehingga besok pagi rumah sakit wisma haji ini sudah bisa dioperasionalkan," ucap Jokowi di lokasi asrama haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat (9/7).

Asrama haji itu rampung dikonversi menjadi rumah sakit untuk covid-19 dalam hitungan hari. Jokowi sebelumnya meninjau langsung penyiapan asrama haji itu pada Senin (5/7) lalu bersama Menteri Kesehatan dan Menteri PUPR. Jokowi pun mengapresiasi kerja cepat menterinya yang mampu mengerjakannya dalam waktu singkat.

"Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Menteri Kesehatan, Menteri PUPR, beserta seluruh jajarannya yang telah bekerja keras dalam waktu lima hari untuk menyiapkan wisma haji dikonversi menjadi rumah sakit," ucap Jokowi.

Baca juga: Mulai 12 Juli, Pekerja Non-Esensial Dilarang Naik Kereta

Dalam peresmian itu Presiden didampingi Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas. Presiden turut mengecek fasilitas-fasilitas yang ada seperti alat kesehatan, pendingin udara, hingga pembangunan lift untuk pasien.

Di asrama haji tersebut, pemerintah menyiapkan 900 tempat tidur isolasi, 50 ICU (intensive care unit), dan 40 HCU (high care unit).

Selain di Asrama Haji Pondok Gede, pemerintah juga telah menyiapkan sejumlah tempat untuk isolasi lainnya yaitu di Rumah Susun Nagrak dan Rumah Susun Pasar Rumput.(OL-4)

BERITA TERKAIT