06 July 2021, 14:18 WIB

Presiden Perintahkan Perawatan Covid-19 di Asrama Haji Dimulai Lusa


Andhika Prasetyo |

PRESIDEN Joko Widodo, Senin (5/5) malam, meninjau proses pengalihan Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, menjadi gedung perawatan dan intensive care unit (ICU) covid-19.

Dalam peninjauan tersebut, Jokowi melihat fasilitas kesehatan darurat itu sudah siap dan menginstruksikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk membukanya dalam dua hari ke depan.

"Asrama Haji Pondok Gede kita siapkan menjadi rumah sakit bagi penanganan covid-19. Ini kita siapkan untuk mengantisipasi lonjakan kasus aktif Jakarta dan sekitarnya. Saya sudah perintahkan agar Kamis (8/7) sudah bisa dioperasikan," ujar Jokowi dalam video yang diunggah Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (6/7).

Baca juga: Menko PMK Tinjau Produsen Oksigen

Di lokasi tersebut, pemerintah menyiapkan 900 tempat tidur isolasi, 50 ICU dan 40 high care unit (HCU).

Selain di Asrama Haji Pondok Gede, pemerintah juga menyiapkan sejumlah lokasi lain untuk isolasi yakni di Rumah Susun Nagrak sebanyak 2.273 tempat tidur dan di Rumah Susun Pasar Rumput sebanyak 3.986 tempat tidur.

Di samping itu, pemerintah juga menambah kapasitas Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet hingga 1.200 tempat tidur guna mengantisipasi lonjakan kasus aktif. (OL-4)

BERITA TERKAIT