03 July 2021, 06:35 WIB

Main Game Online belum Menghasilkan Cuan? Ini Tips dari Andrew 'ndruwgg' Tobias


Gana Buana |

WAKIL Ketua Umum Perkumpulan Olahraga Elektonik Indonesia (IESPA) Andrew Tobias membagikan tips bagi gamers yang belum bisa menghasilkan uang dari gim.

"Yang menjadi gamers dan tidak menghasilkan itu banyak sekali. Karena mereka berkompetisi dengan banyak orang. Ada jutaan orang yang ingin menjadi gamers yang menghasilkan," kata Andrew saat diskusi bertema Siap-siap Blokir Game Online di program Journalist on Duty yang ditayangkan melalui akun Instagram @mediaindonesia, Selasa (29/6).

Baca juga: Euforia Piala Eropa Jangkiti Esport Indonesia

Dia mengingatkan, niat menjadi gamers yang menghasilkan bukan berarti harus meluangkan sampai membuang waktu sebanyaknya. "Kalau tidak menghasilkan tapi doyan, enggak papa bermain gim, tapi jangan membuang waktu," ujar dia.

Baca juga: Belletron Era Boyong Piala UniPin Ladies Series MLBB 2021

Sehingga, sambung Andrew, bagi para gamers yang belum bisa menghasilkan uang sebaiknya mencari aktivitas lain di luar gaming. "Setelah menghasilkan, kembali lagi ke ranah gim. Itu simbiosis kehidupan dan industri game dan pemain," kata pria yang pernah bekerja di PUBG Mobile di Tiongkok.

Baca juga: Raih 5 Juta Pengguna, MPL Makin Serius Garap Pasar Industri Gim Indonesia

Andrew mengakui, banyak juga gamers yang sudah menghasilkan uang. Kalau tidak kunjung menghasilkan uang, sebaiknya gim hanya dijadikan sebagai kesenangan. "Kalau tidak menghasilkan malah cuma spending, ya enggak benar. Menjadi gamers harus think smart and smarter," ungkap dia.

Baca juga: Inspirasi Mobile Legends dan PUBGM Lahirkan Kolaborasi Fesyen Esmod dan UniPin

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan akan mengkaji permintaan Pemerintah Kabupaten Mukomuko Bengkulu untuk memblokir game online PUBG Mobile, Free Fire, Mobile Legends, dan Higgs Domino. (X-15)

BERITA TERKAIT