29 June 2021, 13:25 WIB

Sinar Mas Land Gelar Festival Pendidikan Ke-7 Dorong Lingkungan Sekolah Ciptakan Merdeka Belajar


Mediaindonesia.com | Humaniora

PEMERINTAH menggaungkan merdeka belajar untuk mendorong kemerdekaan dan kemandirian lingkungan pendidikan dalam menentukan cara terbaik dalam proses pembelajaran. Harapannya, kemerdekaan dan kemandirian tersebut melahirkan kreativitas dan inovasi. Guna mendukung upaya pemerintah dan memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh setiap 2 Mei, Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk menggelar Festival Pendidikan ke-7.

Program corporate social responsibility (CSR) itu mengangkat tema Mewujudkan lingkungan sekolah yang berkualitas melalui kreativitas yang inovatif dalam merdeka belajar. Acara yang berlangsung secara virtual pada Senin (28/06) dihadiri Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. Dalam sambutannya di acara Festival Pendidikan ke-7 tersebut,

Benyamin menjelaskan bahwa di tengah pandemi covid-19 tidak menyurutkan semangat tim CSR Sinar Mas Land untuk terus berkarya melakukan hal positif dengan melaksanakan kegiatan Festival Pendidikan. "Saya sangat mendukung program ini karena salah satu kegiatan CSR-nya yakni dalam bentuk bantuan pendidikan. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Sinar Mas Land terhadap lingkungan sekolah dan dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain."

Pada kesempatan yang sama, Ahmed Zaki mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Sinar Mas Land karena telah memprakarsai kegiatan Festival Pendidikan ketujuh pada 2021. "Kegiatan tersebut memiliki makna yang sangat penting bagi masyarakat, karena dapat menjadi wahana bagi pengembangan kualitas SDM dan personal branding bagi para tenaga pendidik sehingga dapat menjadi penggerak dunia dan lingkungan sekolah untuk menjadi lebih baik lagi dan berdaya guna di masa yang akan datang."

"Festival Pendidikan ketujuh ingin mengajak masyarakat dan tenaga pendidik untuk terus kreatif dalam menghadapi perkembangan dan perubahan saat ini akibat pandemi. Sinar Mas Land sangat berterima kasih kepada para regulator yang selalu mendukung dan terlibat dalam kegiatan CSR. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para tenaga pendidik dan masyarakat yang terus mengupayakan lingkungan pendidikan yang baik bagi anak-anak,” ujar Christopher Siswanto Adisaputro, CEO Strategic Land Bank Sinar Mas Land saat memberikan sambutan pada acara puncak Festival Pendidikan ke-7.

Pada puncak acara itu, Sinar Mas Land mengadakan focus group discussion (FGD) dan workshop virtual sebagai edukasi dan pengembangan sumber daya manusia. Para pesertanya mencapai ratusan pendidik dari sekolah dan madrasah yang mengikuti Program Sekolah Berhati di Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang dan Kecamatan Setu Tangerang Selatan. Pesertanya mencakup pengawas sekolah, kepala sekolah, dan guru. Ada dua pakar pengembangan SDM dan praktisi pendidikan yang memberikan pembekalan tersebut di antaranya Dra. Endang Retno Wardhani MBA, Ph.D, CHt, dan Drs. Rujiyanto, MSn.

Masih dalam rangkaian acara Festival Pendidikan, sebelumnya Sinar Mas Land menggelar berbagai kegiatan yang menunjang pendidikan seperti bantuan pendidikan untuk 785 pelajar dan pendididik serta pemberdayaan lingkungan sekolah melalui bantuan sanitasi sehat dan taman/kebun sekolah. Ada pula penyuluhan antinarkoba untuk organisasi kepemudaan Karang Taruna Kampung Dadap Timur dan Desa Mekarjaya oleh BNN Tangsel. Terdapat juga lomba pendidikan berupa kreativitas dan inovasi pelajar dalam membuat esai, blog, dan vlog dengan hadiah berupa perangkat gawai bagi para pemenang lomba.

 

Program Bina Sekolah Berhati (Sekolah Berkarakter Hijau, Sehat, dan Inovatif) diinisiasi oleh Sinar Mas Land untuk membantu sekolah dan madrasah yang mengalami keterbatasan lingkungan fisik. Dengan demikian tempat menuntut ilmu dapat mendukung penguatan karakter yang baik, kecerdasan intelektual, serta sehat jasmani dan rohani para siswa. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT