24 June 2021, 06:25 WIB

Memperjuangkan Rumah Layak Huni


Jek/M-4 |

HABITAT for Humanity Indonesia merupakan organisasi nirlaba sosial yang berfokus pada isu hunian. Pada situasi pandemi ini, mereka berinisiatif meluncurkan program bantuan tempat singgah sementara bagi para tenaga medis yang bekerja di rumah sakit rujukan covid-19. Mereka juga turut membantu para ibu wirausaha mikro yang perekonomiannya terdampak pandemi.

Meskipun demikian, program utama mereka untuk terus mengupayakan ketersediaan rumah layak huni juga tetap berjalan. Pandemi yang mengharuskan orang-orang untuk berkegiatan secara aman di rumah juga turut membuka permasalahan mengenai kelayakan hunian.

“Dari data kami, ada kebutuhan sekitar 10 juta rumah layak di seluruh daerah di Indonesia,” kata Susanto Samsudin, National Director Habitat for Humanity Indonesia, melalui konferensi video, Selasa (22/6).

Rumah layak, menurut Susanto, setidaknya memiliki sanitasi, ventilasi yang baik, dan struktur ruang yang bagus, juga atap yang tidak bocor. “Kami tetap mengampanyekan pentingnya rumah layak huni bagi masyarakat. Stay at home itu penting di masa pandemi ini, tapi kan home-nya harus ada dulu. Banyak saudara kita yang belum punya rumah yang layak.”

Saat pandemi ini, Habitat Humanity pun masih tetap berkampanye dan menghimpun dana untuk pembangunan rumah layak huni. (Jek/M-4)

BERITA TERKAIT