23 June 2021, 17:32 WIB

Jokowi: Tolong Masyarakat Tinggal di Rumah


Andhika prasetyo | Humaniora

PRESIDEN Joko Widodo meminta masyarakat tidak menyia-nyiakan kesempatan memperoleh suntikan vaksin covid-19. Untuk saat ini, vaksinasi adalah ikhtiar terbaik yang bisa dilakukan dalam upaya melindungi diri dan masyarakat.

"Jika sudah ada kesempatan mendapatkan vaksin, segera ambil, jangan ada yang menolak. Tidak ada agama apapun yang melarang vaksin. ini demi keselamatan kita semua," ujar Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (23/6).

Ia menegaskan bahwa Indonesia harus mencapai kekebalan komunal untuk bisa mengatasi pandemi secara total. Sebelum kekebalan komunal tercapai, seluruh masyarakat harus tetap berdisiplin menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

Baca juga: Jokowi: Jangan Ribut PPKM atau Lockdown, Tujuannya Sama

"Saya juga meminta satu hal yang sederhana, tolong tinggal di rumah jika tidak ada kebutuhan yang mendesak," tutur mantan wali kota Solo itu.

Seluruh elemen bangsa harus turut berperan serta dalam upaya menangani pandemi. Tanpa adanya kesatuan, penyebaran covid-19 akan sulit dihentikan.

"Wabah ini masalah yang nyata. Penyakit ini tidak mengenal ras. Semua orang, tidak peduli asal usul, status ekonomi, agamanya, suku bangsa, dapat terkena. Ini penyakit yang tidak melihat siapa kita. Oleh sebab itu, mari kita semua lebih berdisiplin yang kuat. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkahi kita semua," tandas Jokowi.(OL-4)

BERITA TERKAIT