14 June 2021, 12:00 WIB

PMI: 90% Penerima Donor Plasma Konvalesen Sembuh dari Covid


Faustinus Nua | Humaniora

Palang Merah Indonesia (PMI) mengajak penyintas covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh untuk mendonorkan plasma konvalesen. Hal itu sebagai upaya bersama untuk mengatasi pandemi covid-19 dengan membantu pasien yang sedang menderitanya.

"Kita harapkan para penyintas yang sembuh dapat beramal kembali plasmanya kepada yang belum sembuh," ungkap Ketua Umum PMI Jusuf Kalla dalam Webinar Nasional Hari Donor Darah Sedunia 2021, Senin (14/6).

Baca juga: Presiden Minta DKI Jakarta Vaksinasi 100 Ribu Orang per Hari

Plasma konvalesen menurutnya sudah diteliti sejak lama oleh para ahli. Dan terbukti, terapi tersebut sangat membantu pasien yang sedang menderita Covid-19.

Dia mengatakan bahwa berdasarkan data yang diperoleh PMI seperti dari Jawa Timur, 90% penyintas yang menerima donor plasma sembuh dari covid-19. Angka tersebut menunjukan tingginya efektivitas plasma konvalesen untuk melawan virus.

"Penemuan ilmuwan bahwa plasma dari orang penyintas yang menderita covid telah sembuh itu dapat menyumbangkan plasma kepada orang tengah sakit covid," imbuhnya.

Dia pun menambahkan bahwa dalam upaya menangani pandemi, kerja sama semua pihak sangat dibutuhkan. Termasuk donor plasma konvalesen sangat membutuhkan kesediaan penyintas yang sudah sembuh untuk kemanusiaan.(H-30

BERITA TERKAIT