13 June 2021, 09:07 WIB

IPDN Beradaptasi dengan Teknologi 4.0


Cahya Mulyana | Humaniora

INSTITUT Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) memberikan inovasi terbaiknya untuk merealisasikan visi dan misinya menjadi smart campus di Indonesia. Itu melalui pemanfaatan Smart Campus Data Base (SCDB).

“Perubahan teknologi di era industri 4.0 ini memberikan konsekuensi untuk semakin cepat mengikuti perkembangan teknologi. Perubahan ini manjadikan IPDN harus memiliki 1 data base, semua data atau informasi yang berkaitan dengan IPDN dapat diakses langsung melalui SCDB. Jadi, semua kegiatan dan informasi baik yang dilakukan di IPDN kampus pusat maupun kampus daerah semuanya terintegrasi di SCDB," ujar Rektor IPDN Hadi Prabowo di Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, dalam keterangan resmi, Minggu (13/6).

Menurut dia, SCDB IPDN berisikan 12 modul dan 14 hyperlink. Pihak IPDN maupun masyarakat dapat melihat informasi atau data terkait tenaga pengajar, produk hukum, kepegawaian, praja, alumni, perjanjian kerja sama, berita, informasi, pasca sarjana, sarana dan prasarana dan lainnya.

Ia mengatakan IPDN akan terus melakukan upgrade terhadap SCDB agar IPDN dapat secara maksimal melakukan pelayanan kepada masyarakat luas.

“Ke depannya kita akan berusaha untuk mengintegrasikan SCDB dengan Kemendagri, Kemendikbud dan pihak-pihak lainnya yang terkait dengan IPDN," ungkap dia.

Baca juga:  Rapid Test Palsu Praja IPDN, Polres Palu Tetapkan Satu Tersangka

Smart campus yakni sistem pengelolaan manajemen sekolah yang meliputi akademik, administrasi dan informasi dalam satu platform aplikasi yang selalu terkoneksi. Konsep smart campus sendiri mulai diterapkan oleh IPDN dengan memadukan sistem pembelajaran dengan menggunakan teknologi informasi.

Selain SCDB, implementasi smart campus IPDN sejalan dengan salah satu prodi yang ada di IPDN yakni teknologi rekayasa informasi.(OL-5)

BERITA TERKAIT