10 June 2021, 11:25 WIB

Ingin Vaksin Covid-19? Pastikan Tubuh Fit


Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora

SATUAN Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengingatkan masyarakat yang hendak divaksin untuk mengecek kondisi tubuh. Pasalnya, tubuh harus fit agar manfaat vaksin maksimal.

"Sebelum menerima vaksin sebaiknya kita beristirahat cukup serta mencukupi kebutuhan nutrisi," tulis data di laman covid19.go.id seperti dikutip, Kamis (10/6).

Masyarakat yang memiliki penyakit penyerta, seperti diabetes dan hipertensi dianjurkan berkonsultasi ke dokter lebih dulu. Vaksinasi boleh dilakukan bila dokter mengizinkan.

Baca juga: Kelompok Usia di Atas 18 Tahun Dipastikan Bisa Terima Vaksinasi

"Vaksin diperuntukkan untuk orang sehat. Jika sedang sakit tidak dianjurkan untuk melakukan vaksinasi," tulis data itu.

Setelah divaksin, masyarakat diminta memperhatikan reaksi tubuh. Bila merasa demam, menggigil, atau pegal-pegal boleh minum parasetamol dan beristirahat.

"Bila mengalami gejala berat segera hubungi petugas kesehatan terdekat," bunyi data itu.

Masyarakat juga bisa menghubungi nomor yang tertera pada sertifikat vaksin.

Alternatif lainnya, yakni melapor ke Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pascaimunisasi (Komnas KIPI) melalui https://keamananvaksin.kemkes.go.id/

Satgas meminta masyarakat tetap patuh protokol kesehatan meski sudah divaksin. Caranya dengan disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

"Vaksin mencegah terpapar covid-19 atau bila terpapar maka tidak akan sakit atau hanya mengalami gejala ringan," pungkas data tersebut. (OL-1)

BERITA TERKAIT