10 June 2021, 06:25 WIB

Karena Kehidupan itu Adalah Ketidakpastian


Dro/X-6 | Humaniora

CONTOH rekacipta teknologi menggunakan rekayasa kansei cerdas ialah pengembangan teknologi industri 4.0 untuk UMKM makanan dan minuman. Subjek ialah manusia sebagai pengambil keputusan. Parameter kansei yang diidentifikasi ialah kepercayaan. Ketidakpastian yang membatasi kepercayaan UMKM ialah pengetahuan (knowledge), keakraban (familiarity), persetujuan fungsi (agreement), kebutuhan (preference), dan jenis teknologi yang digunakan.

Wawancara dan kuesioner dilakukan atas parameter kebutuhan dan ketidakpastian. Kecerdasan buatan yang digunakan ialah jaringan saraf tiruan (JST). Masukan JST meliputi tingkat pendidikan, pengetahuan, keakraban, manfaat metode kerja, manfaat mesin, manfaat e-commerce, peringkat preferensi, dan kepercayaan verbal yang dinyatakan.

Luarannya ialah klasifikasi indeks kepercayaan berupa kurang percaya, percaya, dan terlalu percaya. Hasil penelitian tentang kepercayaan itu dikembangkan dengan menggunakan platform Kesan untuk aplikasi pengambil keputusan di UMKM makanan dan minuman.

 

 

2021, riset era tatanan kehidupan baru

Untuk contoh penerapan di kebijakan rencana bisnis, pada 2021 ini kami sedang melakukan penelitian menggunakan metode rekayasa kansei cerdas di era tatanan kehidupan baru. Kebutuhan manusia selalu bervariasi dan beradaptasi dalam menghadapi berbagai macam ketidakpastian.

Ketidakpastian akan menimbulkan tingkat pengetahuan, keakraban, persetujuan, dan preferensi baru. Keberadaan pandemi tidak saja membawa hikmah untuk menangani keberadaan covid-19 itu sendiri, tetapi juga persiapan dalam menangani ketidakpastian-ketidakpastian yang lain di depan. Rekayasa kansei cerdas diharapkan dapat membantu dalam budaya rekacipta yang dapat beradaptasi secara berkelanjutan, dengan melawan setiap ketidakpastian yang timbul karena sesungguhnya kehidupan itu sendiri adalah sebuah ketidakpastian. (X-6)

BERITA TERKAIT