09 June 2021, 20:12 WIB

Usulan Anggaran BNPB untuk Tempat Isolasi Masih Dirposes Kemenkeu


M. Ilham Ramadhan Avisena | Humaniora

STAF Khusus Menteri Keuangan bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo mengatakan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah memberikan usulan anggaran kepada Kementerian Keuangan pada awal Juni 2021.

Hal itu berkaitan dengan pemberitaan utang BNPB sebesar Rp140 miiar yang digunakan untuk menanggung biaya tempat karantina mandiri di DKI Jakarta.

"Usulan anggaran dari BNPB sudah diterima Kemenkeu pada awal Juni 2021. Saat ini usulan tersebut sedang diproses sesuai ketentuan, termasuk verifikasi oleh BPKP," kata Yustinus.

Diketahui, sebelumnya Pelaksana tugas (Plt) Bidang Penanganan Darurat BNPB Dody Ruswandi mengatakan, pembiayaan dari pemerintah pusat untuk wisma, hotel, dan penginapan sebagai tempat isolasi mandiri pasien covid-19 akan dihentikan sementara mulai 15 Juni 2021.

Baca juga : Lonjakan Covid-19 di Jatim, Ketua Satgas Minta 3T Ditingkatkan

Itu terjadi karena anggaran yang dimiliki BNPB telah habis. Oleh karena itu, pihaknya mengusulkan anggaran tambahan kepada Kemenkeu untuk bisa membiayai tempat isolasi mandiri pasien covid-19 di DKI Jakarta.

Yustinus mengatakan, bila proses pembahasan dan verifikasi dari BPKP telah usai, tentu anggaran itu akan segera disediakan oleh Kemenkeu.

"Setelah proses selesai akan diterbitkan DIPA untuk pembayaran tersebut. (Prosesnya) secepatnya, kami terus berkoodinasi. Kemenkeu berkomitmen untuk terus mendukung penuh kelancaran penanganan pandemi," pungkasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT