09 June 2021, 11:25 WIB

Jokowi Targetkan 1 Juta Vaksinasi Per Hari Mulai Juli


Dhika Kusuma Winata | Humaniora

PEMERINTAH terus mengebut laju vaksinasi covid-19 untuk mencapai kekebalan komunal (herd immunity). Presiden Joko Widodo menyatakan, Juni ini, target vaksinasi per hari 700.000 orang dan akan terus ditingkatkan. Bulan depan, vaksinasi dicanangkan bisa mencapai 1 juta orang per hari.

"Kita berharap, bulan ini, target untuk vaksinasi per hari 700.000 itu betul-betul bisa tercapai. Sehingga, pada Juli, kita sudah masuk pada target vaksinasi per hari 1 juta," ucap Presiden saat meninjau vaksinasi massal di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Depok, Jawa Barat, Rabu (9/6).

Dalam kesempatan itu, Jokowi meninjau vaksinasi covid-19 bagi tenaga kesehatan, dosen dan tenaga pendidik, guru, lansia, pemadam kebakaran, pelayan publik, dan pengemudi ojek.

Baca juga: Airlangga: Pemerintah Butuh Banyak Sentra Vaksinasi

Tidak hanya di Depok, Presiden menyampaikan sejumlah daerah juga melaksanakan vaksinasi massal seperti di Bandung dan Tangerang.

Presiden meminta daerah-daerah harus terus bergerak cepat menjalankan program vaksinasi. Vaksinasi secara massal perlu terus dilakukan untuk mengakselerasi capaian target yang sudah dicanangkan.

"Kita harapkan proses vaksinasi ini tidak hanya berjalan di sini saja tetapi di daerah-daerah lain, di provinsi-provinsi yang lain juga bergerak secara cepat. Saya sudah mendapatkan informasi dari Menteri Kesehatan hari ini juga dilaksanakan di Bandung, kemudian juga di Tangerang yang jumlahnya massal," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden turut didampingi antara lain Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (OL-1)

BERITA TERKAIT