08 June 2021, 22:22 WIB

Dukung Kampus Merdeka, Fikom UBL Jalin Banyak Kolaborasi


Mediaindonesia,com | Humaniora

DALAM rangka penerapan kurikulum ‘Merdeka Belajar Kampus Merdeka’, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur (melakukan kerjasama dengan Dinas Kominfo Kota Tangerang dalam lingkup pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang informasi dan komunikasi di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang. Kerjas ama ini berlangsung lima tahun kedepan dengan 'Program Magang'.

Fikom Budi Luhur dan Dinas Kominfo Tangerang telah menyepakati kerja sama kegiatan magang untuk mewujudkan Kota Tangerang sebagai Kota Pintar melalui program pemerintah, 'Program Kelompok Informasi Masyakarat (KIM)'. 

Program ini merupakan kelompok yang dibentuk dan dikelola masyarakat, dari masyarakat, dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif serta memfokuskan pada kegiatan yang bersifat berkesinambungan dan melibatkan fungsi KIM sebagai agen informasi di wilayahnya masing-masing.

"Dasar melakukan kerja sama ini adalah Tri Dharma Perguruan Tinggi. Untuk kepentingan bersama mayoritas mahasiswa Budi Luhur 60% adalah warga Tangerang. Sehingga Merdeka Belajar Kampus Merdeka sejalan dengan program Kominfo Tangerang, ini merupakan suatu kerjasama yang baik untuk dilakukan," ujar Nawiroh Vera, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur dalam keterangannya.

Senada dengan itu, Kepala Kominfo Pemkot Tangerang. Mulyani mengungkapkan, kerja sama dengan Fikom Budi Luhur bukan yang pertama. Ia mengatakan, Diskominfo selalu antusias menyambut setiap kerjasama, terlebih bersama Universitas sebagai gudang SDM yang penuh dengan potensi.

Baca juga : Kepala Daerah Diminta Segera Keluarkan SE untuk PTM Terbatas

Dalam kesempatan lain, Fikom Budi Luhur juga melakukan kunjungan dan kerjasama di Desa Wedomartani dan Desa Girikerto, Sleman, Yogyakarta. Kerja sama ini telah menyepakati perjanjian dalam Program Membangun Desa, Kurikulum Merdeka Universitas Budi Luhur.

“Kerjasama ini sangat bagus sekali, karena desa kami membutuhkan masterplan untuk mewujudkan desa wisata & desa budaya berbasis digital. Mahasiswa dari Universitas Budi Luhur sangat bisa membantu kami dalam hal tersebut,” ujar Sudibyo, Lurah Desa Girikerto, Sleman.

Di tengah era digital saat ini, 'Program Ilmu Komunikasi Siap Merdeka' diharapkan dapat menjawab tantangan bagi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur dalam menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan jaman, kemajuan IPTEK, kebutuhan dunia usaha dan dunia industri serta masyarakat serta diimplementasikan dengan baik.

Kerja sama itu juga diharapakan memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan inovasi, kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa di lapangan seperti persyaratan kemampuan, permasalahan riil, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kerja, target dan pencapaiannya. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT