09 June 2021, 11:45 WIB

Ini Cara Menggunakan Alat Test Pack dengan Benar


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Humaniora

ALAT test pack digunakan untuk mengetahui atau mendeteksi kehamilan. Cara menggunakanannya terlihat sederhana, namun, sejatinya penggunaan yang tidak tepat ternyata bisa membuat hasil tidak akurat,

Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana langkah yang benar untuk menggunakan alat tes kehamilan itu.

Adapun Alat test pack bekerja dengan cara mendeteksi keberadaan hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dalam air seni atau urine.

Baca juga: Ini Cara Mendapatkan Persalinan Gentle Birth yang Tenang & Nyaman

Hormon ini hanya ada jika sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim. Kadarnya pun akan meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan.

Berikut cara menggunakan Test Pack dengan benar.

1. Pastikan konsidi test pack masih oke

Alat test pack terjual bebas di apotek terdekat Anda. Sebelum membeli, Anda harus terlebih dahulu tanggal kedaluwarsa pada produk. Test pack yang telah kedaluwarsa akan berkurang tingkat keakuratannya.

Selain itu, pilihlah test pack yang kondisinya masih baik dan memiliki sensitivitas yang tinggi. Semakin sensitif alat tes kehamilan, maka semakin mampu alat tersebut untuk mendeteksi kadar hormon hCG yang masih rendah di awal kehamilan.

2. Baca dengan seksama petunjuk pack sesuai dengan cara yang direkomendasikan

Pastikan Anda membaca dengan saksama petunjuk penggunaan test pack yang tertera di kemasan produk. Pasalnya, setiap jenis test pack mungkin memiliki rekomendasi penggunaan yang berbeda-beda.

3. Kenali waktu tepat menggunakan test pack

Anda harus bisa menggunakan menggunakan test pack dalam waktu yang tepat. Pasalnya, hal ini sangat berpengaruh pada keakuratan hasil.

Jika Anda menggunakan test pack baru setelah beberapa hari sejak berhubungan intim, hasilnya bisa saja negatif karena hormon hCG belum dihasilkan atau masih sangat rendah.

Selain itu, penggunaan test pack tidak disarankan dilakukan pada siang hari. Hal itu karena saat siang hari Anda sudah banyak minum dan membuat urine menjadi lebih encer. Kondisi urine yang encer membuat hormon hCG sulit untuk terdeteksi. (OL-13)

Baca Juga: Anak Susah Makan Disebabkan Kebiasaan Makan Ibu Saat Hamil

BERITA TERKAIT