19 May 2021, 14:09 WIB

Polri: Masih Ada 400 Ribu Pemudik dari Sumatera ke Jawa


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Humaniora

POLRI memperkirakan akan terjadi pergerakan arus balik 400 ribu pemudik dari Sumatera menuju Jawa.

Asops Kapolri Inspektur Jenderal Polisi Imam Sugianto menyatakan bahwa pergerakan ini menjadi perhatian khusus karena berpotensi menjadi klaster penyebaran covid-19.

"Sekarang kira-kira yang belum menyebrang masih ratusan ribu. Data dari Menhub kurang lebih 400 ribu," tutur Imam, Rabu (19/5).

Baca juga: Menko PMK Antisipasi Arus Balik dari Pulau Sumatera

Disisi lain, Imam menyebut pengawasan pergerakan arus balik tak hanya dilakukan di titik arteri ataupun transportasi di pulau Jawa. Pasalnya, penyekatan dimulai sejak di sejumlah titik di Sumatera.

Hal itu dilakukan, lanjut Imam, agar para pemudik memiliki surat bebas Covid-19 sebelum kembali memasuki Jakarta ataupun Jawa.

"Polda Lampung terpantau dari Sumatera Selatan ada beberapa yang diputar balik. Jadi kita pecah konsentrasi di wilayah Lampung ini betul-betul. Kemudian sudah selesai yang di sana kita alirkan kesini," ucap Imam.

Baca juga: Anies Minta Pemudik Datangi Posko di RW Saat Balik ke DKI

Maka, Imam meminta para pemudik untuk kooperatif dan membawa surat bebas Covid-19.  Penyekatan dan mengecek surat bebas covid-19 bertujuan untuk menekan penyebaran korona pasca mudik lebaran 2021.

"Mohon ayo kita kerjasama khususnya masyarakat yang akan kembali arus balik untuk mematuhi semua imbauan masyarakat ini sehingga kita semua bisa menekan angka penyebaran korona," pungkasnya. (OL-2)

 

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT