13 May 2021, 07:30 WIB

Jokowi Sebut Idul Fitri Momentum Raih Kemenangan Melawan Pandemi


Dhika Kusuma Winata | Humaniora

PRESIDEN Joko Widodo menyambut Hari Raya Idul Fitri sebagai momentum bagi bangsa ini untuk bangkit dan meraih kemenangan melawan pandemi covid-19.

Pada momen lebaran kedua kali di tengah pandemi, semua pihak diminta tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatan.

Hal itu ditekankan Presiden saat menyampaikan ucapan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah yang jatuh pada hari ini, Kamis (13/5).

Baca juga: Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H

"Kita harus mengutamakan kesehatan dan keselamatan kita semua, ya kita semua, agar sesegera mungkin kita dapat terbebas dari pandemi. Semoga di hari kemenangan ini menjadi momentum bagi kita semua, bangsa Indonesia, untuk bangkit dan menang melawan pandemi covid-19," ucap Jokowi.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana menyampaikan ucapan Idul Fitri dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, melalui tayangan yang dirilis Sekretariat Presiden, Rabu (12/5) malam.

Tahun ini, untuk kedua kalinya, masyarakat menjalani Idul Fitri di tengah wabah covid-19. Presiden Jokowi mengakui berlebaran di tengah pandemi ini menjadi sesuatu yang berat. Namun, tidak ada pilihan lain selain untuk bersama-sama tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatan masyarakat.

Presiden pun mengajak masyarakat, pada Idul Fitri kali ini, untuk tetap menahan diri. Hari raya tetap harus dilaksanakan dengan menjaga kewaspadaan dari penularan virus korona. Silaturahmi yang dilakukan pun masih harus dilakukan tidak secara langsung bertatap muka.

"Idul Fitri tahun ini kita masih harus berhadapan dengan pandemi covid-19. Kita juga masih harus bersabar dan menahan diri karena tidak bisa bersilaturahmi secara langsung secara tatap muka dengan keluarga dan handai tolan," ucap Presiden.

Dalam kesempatan itu, Ibu Negara Iriana juga turut menyampaikan ucapan Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh masyarakat Indonesia.

"Saya juga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin," ucapnya.

Presiden beserta Ibu Negara dijadwalkan menunaikan salat Idul Fitri seperti tahun lalu di Istana Kepresidenan Bogor. Kali ini, Salat Id keluarga Presiden akan digelar di halaman depan Gedung Induk Istana Bogor.

Adapun tahun lalu Presiden beserta Ibu Negara dan putranya Kaesang Pangarep menunaikan salat di halaman Wisma Bayurini.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan Salat Id keluarga Presiden juga akan diikuti oleh perangkat melekat terbatas.

"Presiden akan Salat Id di Istana Bogor terbatas dengan keluarga. Ada beberapa perangkat melekat juga," kata Heru.

Sama seperti tahun lalu, Presiden, pada Idul Fitri kali ini, juga tidak menggelar gelar griya atau open house. Hal itu untuk mencegah kerumunan yang berpotensi penyebaran covid-19. (OL-1)

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT