08 May 2021, 05:35 WIB

Kue Karakter Diburu Pembeli Jelang Lebaran


AD/H-3 |

PERAJIN kue di Tasikmalaya giat melakukan produksi demi memenuhi pesanan dari berbagai daerah. Salah seorang perajin kue, Ma Entet, 83, warga Sukarindik, Kecamatan Indihiang, mengatakan menjelang Lebaran tahun ini banyak permintaan terutama dari luar daerah karena penjualan sekarang ini tak hanya menjual langsung, tetapi dilakukannya melalui online atau daring. "Kami membuat kue berbagai karakter disukai oleh anak-anak berupa boneka dan bentuknya lucu, tetapi juga membuat semprit, keju, nastar, kue kacang, kue salju, kue kering, kue sagu, kastengel, putri salju, dan kue lidah kucing untuk persiapan Lebaran. Bahan yang digunakan sejak puluhan tahun tak memakai bahan pengawet," kata Ma Entet, Selasa (4/5).

Harga bahan baku pembuatan kue, seperti telur, gula pasir, dan tepung naik dua kali lipat menjelang Lebaran. Namun, ia tetap produksi karena melayani pelanggan lokal dan dari luar daerah, seperti Bandung, Purwakarta, Jakarta, Bekasi, Garut, dan wilayah lain di Priangan Timur.

"Hasil penjualan kue yang kami produksi saat ini memberi keuntungan berlipat ganda karena banyak pemesan dan bisa juga membayar 28 pekerja dalam satu minggu," pungkasnya. (AD/H-3)

BERITA TERKAIT