05 May 2021, 13:22 WIB

Kuliah Online dengan Aplikasi My-Elnusa Jadi Pilihan


Mediaindonesia.com | Humaniora

PEMBELAJARAN online saat ini menjadi alternatif bagi setiap perguruan tinggi pada semester genap tahun akademik 2020/2021. Pengurangan serta peniadaan kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas dinilai menjadi keputusan yang tepat untuk mengurangi kontak dan kerumunan massa di masa pandemi covid-19.

Hampir semua kegiatan perkuliahan termasuk belajar mengajar, diskusi, serta kegiatan lain dilakukan secara online. KBM pun kemudian dilaksanakan dengan menggunakan metode daring dengan menggunakan metode syncronous melalui Webex, Zoom, Skype, Microsoft teams, Googlemeet, dan lain-lain. Ada juga asyncronous, semisal eLisa, Elok, Elearning Farmasetika, Whatsapp Group, dan lain-lain.

Dengan tetap memperhatikan kelanjutan proses belajar mengajar dan ketercapaian mutu pembelajaran yang telah direncanakan. Mulai 15 Maret 2021, Universitas Nusa Mandiri juga memberlakukan kuliah online untuk mengantisipasi penyebaran covid-19. Ini sesuai Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Rektor Universitas Nusa Mandiri nomor 1023/2.02/STMIK-NM/III/2020 Tanggal 9 Maret 2021 oleh Dr Dwiza Riana, S.Si, MM, M.Kom mengenai Edaran Pencegahan Penyebaran Covid-19 beserta panduan penyelenggaraan pembelajaran di Universitas Nusa Mandiri.

Ganda Wijaya selaku Kepala Biro Teknologi Informasi bagian Sistem Informasi mengatakan, Universitas Nusa Mandiri membenahi pembelajaran online dengan berbasis aplikasi yang diberi nama My-Elnusa. Melalui aplikasi ini KBM berbasis online menjadi lebih seru dan memiliki keunggulan tersendiri di Universitas Nusa Mandiri.
"Aplikasi My-Elnusa memudahkan mahasiswa dan dosen berkomunikasi dalam pengiriman tugas serta materi pembelajaran yang dilakukan," ujarnya dalam rilis yang diterima, Rabu (5/5).

 

Keunggulan aplikasi itu ialah lebih simpel dan aplikatif karena fiturnya sudah mengadopsi Learning Management System (LSM) sebelumnya dan Google Classroom. "Semoga pembaharuan ini akan memudahkan dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran secara online. Hal ini bisa membantu dalam meningkatkan kualitas pembelajaran mahasiswa Universitas Nusa Mandiri," harapannya.

Menurut Dava, salah satu mahasiswa Universitas Nusa Mandiri, aplikasi My-Elnusa membuat akses pembelajaran lebih gampang dengan tampilannya yang simpel dan menarik. " Adanya aplikasi ini dapat membantu proses belajar yang masih dilakukan secara daring. Dengan begitu kita tetap dapat meningkatkan kualitas pendidikan dengan hasil yang maksimal," ungkapnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT