04 May 2021, 15:21 WIB

Spotify Telah Diunduh 1 Miliar Kali di Android


Insi Nantika Jelita | Humaniora

JUMLAH unduhan Spotify di pasar Android berdasarkan laporan terbaru diketahui melebihi 1 miliar per (2/5) lalu. Jumlah ini didasarkan pada statistik Google Play Store.

Spotify dinilai menjadi aplikasi audio online yang paling banyak diunduh di platform tersebut. Aplikasi ini memiliki 500 juta unduhan di platform Android dua tahun lalu. Artinya, membutuhkan waktu dua tahun untuk menggandakan angka unduhannya.

Baca juga: Kemenkes: Tiga Varian Covid Baru Sudah Masuk Indonesia

Saat ini, Spotify sedang berusaha keras untuk memperluas penawarannya. Aplikasi ini tidak hanya menawarkan layanan audio musik, tapi secara aktif berinvestasi dalam pengembangan platform podcast.

Perusahaan tersebut berharap platformnya akan bersaing dengan Amazon Audible dengan menerbitkan buku audio.

Namun, meskipun perusahaan dinilai berkembang pesat, masih ada beberapa kekhawatiran pengguna. Seperti soal kenaikan biaya langganan, serta pengurangan royalti yang dibayarkan kepada artis, yang dikhawatirkan menimbulkan ancaman serius.

Di bidang audio, Spotify saat ini tidak memiliki pesaing, tetapi platform video online seperti YouTube dan TikTok akan bersaing dengan Spotify.

Pendapatan kuartal I 2021 Spotify mencapai 2,147 miliar euro, dilaporkan meningkat dari tahun ke tahun sebesar 16%.

Adapun, laba bersih perusahaan itu diatribusikan kepada pemegang saham perusahaan adalah 23 juta euro. Angka ini dianggap relatif baik dengan kerugian bersih sebesar 125 juta euro pada periode yang sama tahun lalu. Sedangkan, untuk laba kotor perusahaan mencatat sebesar 548 juta euro.

Spotify memprediksi jumlah pengguna aktif bulanan (MAU) pada kuartal II 2021 mencapai 366 juta hingga 373 juta. Jumlah pengguna yang membayar akan mencapai 162 juta hingga 166 juta. Total pendapatan akan mencapai 2,16 miliar hingga 2,36 miliar euro.

Baca juga: Unpad Terapkan Larangan Mudik Bagi Dosen dan Tenaga Kependidikan

Selain itu, diharapkan margin laba kotor antara 23,6% hingga 25,6% sementara biaya operasional mencapai 134 juta euro.

Sepanjang 2021, jumlah pengguna aktif bulanan mencapai 402 juta hingga 422 juta. Selain itu, jumlah pengguna yang membayar akan mencapai 172 juta hingga 184 juta. Total pendapatannya akan mencapai 9,11 miliar hingga 9,51 miliar euro. (Gizchina/Ins)

BERITA TERKAIT