03 May 2021, 14:47 WIB

Menkes Ingatkan Daerah Tetap Waspada Covid-19


Dhika Kusuma Winata | Humaniora

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut perkembangan kasus covid-19 hanya mengalami sedikit kenaikan pascalibur Paskah beberapa pekan lalu. 

Sejumlah daerah diingatkan untuk tetap waspada dan mengendalikan kasus covid-19, sebelum mengalami lonjakan yang signifikan.

"Walau kenaikan ini masih bisa kita kendalikan, tetapi saya mengingatkan. Kalau ada kenaikan, selalu sifatnya eksponensial. Sehingga, akan sulit kita mengontrol. Jadi lebih baik kita kontrol pada saat naiknya baru sedikit," tegas Budi seusai rapat terbatas kabinet di Istana Kepresidenan, Senin (3/5).

Baca juga: Tinjau Vaksinasi, Jokowi Imbau Masyarakat Tetap Taati Prokes

Setelah masa libur Paskah beberapa waktu lalu, Budi menyatakan lonjakan kasus covid-19 yang awalnya dikhawatirkan tinggi, namun ternyata tidak terjadi. Akan tetapi, tetap terjadi sedikit kenaikan kasus covid-19 di sejumlah daerah.

Pengendalian kenaikan kasus covid-19 perlu dilakukan di beberapa provinsi di Sumatera. Seperti, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Aceh. Kemudian beberapa provinsi di Kalimantan, yakni Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan.

"Kita harus selalu waspada, jangan sampai lengah. Jangan terburu-buru mengendorkan protokol kesehatan. Memang secara keseluruhan kita menurun. Di beberapa provinsi kita melihat ada kenaikan, baik dari sisi konfirmasi maupun yang masuk rumah sakit, dan juga dari sisi kematian," papar Budi.(OL-11)

 

 

 

 

BERITA TERKAIT