02 May 2021, 21:09 WIB

Kepala Daerah Diminta Tetap Disiplinkan Masyarakat Terapkan Prokes


Dhika Kusuma Winata | Humaniora

PRESIDEN Joko Widodo meminta seluruh kepala daerah untuk terus menjaga kewaspadaan dan disiplin menerapkan protokol kesehatan di masyarakat. Meski kasus covid-19 trennya menurun, semua pihak diminta tak bereuforia dan tetap menahan diri.

"Saya minta kepada gubernur, bupati, hingga wali kota terus mengingatkan masyarakat untuk berdisiplin menjalankan protokol kesehatan dan bersinergi dengan pemerintah pusat, dengan melarang mudik warganya pada Lebaran tahun ini," ucap Jokowi dalam pernyataannya, Minggu (2/5).

Perkembangan penanganan pandemi covid-19 yang kasusnya menurun berimbas pada mulai bergeraknya aktivitas perekonomian di daerah. Momentum pemulihan ini, kata Presiden, harus dijaga tetap dengan meningkatkan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan.

Kepala Negara kembali menegaskan keselamatan dan kesehatan masyarakat tetap menjadi prioritas nomor satu pemerintah. Karena itu, ketaatan terhadap protokol kesehatan dan kewaspadaan risiko penyebaran covid-19 harus tetap terjaga.

Jokowi mengingatkan agar semuanya tak cepat berpuas diri dan bereuforia. Perkembangan positif upaya penanganan pandemi beberapa belakangan harus dijaga. Penurunan tren kasus bukan berarti situasi pandemi aman dan terkendali sepenuhnya.

"Jangan optimisme berlebihan. Jangan merasa situasi sudah terkendali. Jangan merasa sudah aman. Belum! Upaya menekan kasus aktif ini harus terus dilakukan dan sangat bergantung dengan kedisiplinan kita, kita semua, dalam menjalankan protokol kesehatan," tegas Presiden. (OL-15)

BERITA TERKAIT