02 May 2021, 10:13 WIB

Kemensos Minta Warga tidak Takut Lapor Penyelewengan Bansos


Candra Yuri Nuralam | Humaniora

KEMENTERIAN Sosial (Kemensos) meminta masyarakat tidak takut melaporkan dugaan penyelewengan pemberian bantuan sosial (bansos). Kemensos, saat ini, sedang menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk membuat pelapor aman.

"Kami untuk pengaduan saat ini kami sedang menyusun kerja sama dengan KPK untuk whistleblower-nya pengaduan itu," kata Menteri Sosial Tri Rismaharini di Jakarta, Sabtu (1/5).

Pengaduan dugaan penyelewengan pemberian bansos covid-19 bisa dilakukan secara daring melalui aplikasi yang sudah disediakan oleh KPK. Kemensos mengaku laporan tidak hanya dilakukan secara daring.

Baca juga: Kemensos Bekukan 21 Juta Penerima Bansos Tunai Covid-19

"Ada yang pengaduan itu berupa surat-surat, kami sudah bekerja sama dengan Kejaksaan Agung," ujar Risma.

Risma mengatakan Kejaksaan Agung juga digandeng untuk mengatasi dugaan penyelewengan pemberian bansos yang di luar ranah KPK. Korps Adhyaksa disebut sudah melakukan tindakan dari beberapa laporan tentang dugaan penyelewengan bansos.

"Kejaksaan Agung mengecek ini sudah ada beberapa sanksi yang kita berikan termasuk ada oknum-oknum yang memang sudah kena," ujar Risma.

Rima menegaskan akan terus mengusahakan pemberian bansos covid-19 sesuai dengan sasaran. Masyarakat diminta tidak takut untuk melapor jika ada orang yang menilap uangnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT