27 April 2021, 15:55 WIB

Kasus Kematian Mingguan Akibat Covid-19 Naik 29,2%


Atalya Puspa | Humaniora

BERDASARKAN data yang dihimpun dan diolah Satgas Covid-19, kasus kematian akibat covid-19 pada pekan ini naik sebesar 29,2% dibanding pekan lalu. 

Terdapat sejumlah wilayah yang memiliki kasus kematian tertinggi, yakni Jawa Barat naik 2.386 kasus dan Bangka Belitung naik 622 kasus. Lalu, Riau naik 351 kasus, Kepulauan Riau naik 239 kasus dan Kalimantan Utara naik 208 kasus.

Baca juga: Cegah Gelombang Mudik Lebaran, Ini Arahan Satgas Covid-19

Melihat peningkatan persentase kematian akibat covid-19, Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengimbau pemerintah daerah dengan angka kematian tinggi untuk melakukan evaluasi.

"Identifikasi kabupaten/kota yang menyumbang angka kematian terbesar dan segera lakukan perbaikan pada penanganan pasien covid-19. Khususnya, pasien dengan gejala sedang hingga berat," ujar Wiku dalam konferensi pers virtual, Selasa (27/4).

Dia pun mengimbau semua provinsi di Indonesia untuk meningkatkan kapasitas tracing dan testing. Tujuannya, mengidentifikasi penularan covid-19 sejak dini. Selain itu, koordinasi data antara pusat dan daerah juga perlu ditingkatkan.

Baca juga: India Alami Lonjakan Kasus Covid-19, Ahli Sebut Ada Tripel Mutasi

"Kepada seluruh provinsi, tidak ada toleransi pada kenaikan kasus kematian. Kita sudah belajar menghadapi pandemi covid-19 selama satu tahun. Seharusnya kematian dapat dicegah," tegas Wiku.

"Bagi Rumah Sakit yang mengalami kendala, harap hubungi Kementerian Kesehatan agar diberikan bantuan segera," tutupnya.(OL-11)

 

 

BERITA TERKAIT