25 April 2021, 04:50 WIB

Wapres Dikritik Karena Minta Pengecualian Mudik Bagi Santri


Siti Yona Hukmana | Humaniora

PERMINTAAN Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin agar memberikan dispensasi bagi santri untuk bisa mudik Lebaran 2021 dikritik. Permintaan itu dinilai menimbulkan kesan negatif terhadap pemerintah.
 
"Jika pemerintah terlalu banyak memberikan dispensasi, kesannya pemerintah tidak serius untuk mengurangi penyebaran covid-19 di saat mudik," kata Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno, hari ini.
 
Djoko menilai saat ini semua pihak sudah sepakat dengan kebijakan pelarangan mudik. Bahkan, pengusaha bus disebut mau menaati aturan meski terdampak besar.

"Justru, sekarang tiba-tiba ada permintaan dispensasi dari penguasa," ujarnya.
 
Menurut dia, permintaan Ma'ruf akan menimbulkan dampak tidak baik terhadap kebijakan yang telah dibuat. Dia memprediksi banyak pihak akan melakukan permintaan dispensasi.

Baca juga: Guru Besar UIN: Puasa Bermutu Dapat Menahan Diri dari Hoaks

"Bayangkan saja jika nanti Ketua MPR, Ketua DPR, serta para ketua partai minta dispensasi. Apa gunanya aturan yang sudah dibuat susah-susah. Cabut saja semua aturan mudik yang sudah dibuat karena nanti terlalu banyak dispensasi yang diminta," kata dia.
 
Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap para santri mendapatkan pengecualian untuk mudik pada libur Lebaran 2021. Harapan ini disampaikan di tengah larangan pergerakan manusia untuk mencegah penularan kasus covid-19.
 
Juru bicara Wapres Masduki Baidlwoi dalam keterangannya di Jakarta mengatakan keinginan Wapres itu dapat dituangkan dengan meminta Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berkirim surat kepada Presiden Joko Widodo atau Wapres Ma'ruf Amin sendiri.
 
"Dalam hal tertentu, kalau dianggap perlu, Wapres meminta Pengurus Besar NU untuk bikin surat secara khusus apakah kepada Presiden atau Wapres atau Dirlantas Nasional supaya ada dispensasi," kata Masduki, Jumat, 24 April 2021.
 
Masduki mengatakan hal itu penting agar para santri dapat pulang bertemu dengan orang tuanya setelah menempuh pendidikan asrama di pondok pesantren.
 
"Wapres meminta agar ada dispensasi untuk para santri bisa pulang ke rumah masing-masing dengan tidak dikenai aturan ketat terkait larangan mudik, yang berhubungan dengan konteks pandemi saat ini," kata dia.(Medcom.id/OL-4)

BERITA TERKAIT