19 April 2021, 19:36 WIB

Menkes Waspadai Lonjakan Covid-19, Tak Mau Bernasib Seperti India


Dhika kusuma winata | Humaniora

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengimbau masyarakat untuk terus waspada dan disiplin protokol kesehatan meski program vaksinasi dilakukan. Pemerintah tak ingin ada lonjakan kasus yang tinggi ketika program vaksinasi berjalan seperti kondisi di India.

"Kalau itu (kewaspadaan) bisa kita tetap jalankan insyaallah di masa Ramadan ini dan Idulfitri kita tidak usah mengalami seperti yang ada di India. Tetap hati-hati, tetap waspada, jalankan protokol PPKM Mikro, dan selalu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak," kata Budi seusai rapat terbatas dipimpin Presiden Jokowi mengenai penanganan pandemi covid-19 jelang Idulfitri di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/4).

Menkes mewanti-wanti agar lonjakan kasus penularan covid-19 dihindari. Pasalnya, tren kasus aktif di Tanah Air beberapa bulan terakhir sudah relatif menurun. Pemerintah pun sudah mengeluarkan larangan mudik Idulfitri untuk mencegah potensi peningkatan kasus.

"Tolong kita jaga diri kita, kita tetap waspada, kita tetap hati-hati, kita tetap disiplin menjalankan protokol 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak), tetap mematuhi aturan PPKM Mikro yang menurut kami sudah sangat baik jalannya," ucapnya.

Baca juga: Efektif Tekan Kasus Covid-19, Pemerintah Perpanjang PPKM Mikro

India saat ini mengalami lonjakan kasus covid-19 yang sangat tinggi. Lonjakan terjadi di saat program vaksinasi di negara itu justru telah sukses dan jumlah kasus penularannya sempat menurun.

Lonjakan tersebut, kata Budi, terjadi tidak hanya lantaran adanya varian baru virus korona. Kenaikan kasus di India lantaran ketidakwaspadaan masyarakat bersamaan dengan tingginya capaian vaksinasi dan menurunnya jumlah kasus.

"Karena mereka vaksinasinya tinggi, jumlah konfirmasi kasusnya menurun, mereka lupa, mereka kurang waspada, mereka mengendurkan protokol kesehatan," katanya. (OL-4)

BERITA TERKAIT