16 April 2021, 12:20 WIB

Ruang Konservasi Benda Seni Istana Kepresidenan Jakarta Diresmikan


Nur Azizah | Humaniora

SEBUAH ruang yang menampung beragam koleksi benda seni seperti lukisan, keramik, hingga barang fungsional lainnya diberi nama Ruang Konservasi Benda Seni Istana Kepresidenan Jakarta. Ruang tersebut diresmikan Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.

"Kami resmikan bangunan restorasi dan konservasi ini untuk bisa merestorasi seluruh aset-aset yang bernilai tak terhingga," kata Heru dalam keterangan tertulis, Jumat (16/4).

Heru mengatakan peresmian Ruang Konservasi Benda Seni merupakan salah satu tugas Sekretariat Presiden untuk mengelola koleksi benda-benda seni Istana Kepresidenan. Melalui peresmian, Heru berharap bisa turut meningkatkan anggaran terkait restorasi benda-benda seni mengingat nilai aset yang terkandung didalamnya sangat tinggi.

"Hari ini kita berjuang sedikit demi sedikit ruangan ini telah berhasil untuk melakukan restorasi benda-benda seni nanti ada disini dan harapan kami disini untuk ada Pak Sesmen (Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara) juga, harapan kami anggaran itu bisa kita tingkatkan," ujar Heru.

Ia tak lupa menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang turut memberikan dukungan sehingga Ruang Konservasi Benda Seni bisa diresmikan.

Baca juga: Kegiatan Seni Kebudayaan Perlu Perhatian Serius Pemerintah

Ia berharap ruangan ini dapat memberikan banyak manfaat di masa mendatang.

Sementara itu, Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Rika Kiswardani menjelaskan tujuan diresmikannya Ruang Konservasi Benda Seni di Istana Kepresidenan Jakarta. Salah satunya adalah sebagai tempat penyimpanan benda-benda seni yang memerlukan perawatan dan perhatian khusus.

"Ruang konservasi ini telah dibangun dengan spesifikasi khusus artinya dari sisi pengaturan suhu, dari sisi keamanan, bahkan juga dari pencegahan seandainya ada bahaya kebakaran," ujar Rika.

Selain itu, Sekretariat Presiden juga akan bekerja sama dengan para kurator dan konservator untuk memelihara serta merawat benda-benda seni yang menjadi koleksi Istana Kepresidenan Jakarta.

"InsyaAllah kami juga akan menggunakan ruang konservasi ini sebagai ajang edukasi," ucap Rika.(OL-5)

BERITA TERKAIT