13 April 2021, 11:31 WIB

Geliatkan Industri Film, Sandiaga Kampanyekan Nonton Bioskop


Insi Nantika Jelita | Humaniora

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggulirkan kampanye #KembaliKeBioskop sebagai upaya menggeliatkan industri film Tanah Air.

Kampanye tersebut ditandai dengan digelarnya acara nonton bareng (nobar) film Kartini: Princess of Java di Metropole XXI, Jakarta Pusat, Senin (12/4).

“Hari ini adalah perwujudan dari semangat kita untuk memulai kembali kegiatan menonton di bioskop dan memastikan bahwa bioskop itu aman dan nyaman dengan penerapan protokol kesehatan," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangan resmi.

Baca juga: Selama Ramadan, Vaksinasi Covid-19 Terus Berjalan

Pihaknya menyampaikan, pada Maret 2020, seluruh bioskop tanah air harus ditutup akibat pandemi covid-19. Namun, setelah dibukanya kembali bioskop pada 23 Februari 2021, film Indonesia disebut menarik 390.409 penonton di bioskop. Menparekraf mengaku optimistis angka tersebut akan terus bergerak naik.

“Kita harus menggeliatkan kembali industri perfilman Indonesia karena film ini merupakan salah satu identitas bangsa. Masyarakat juga sudah sangat merindukan untuk bisa kembali ke bioskop. Mudah-mudahan industri perfilman, dapat bangkit lagi," ucap Sandiaga.

Di samping itu, Menparekraf membahas mengenai masalah pembajakan film. Ia mengatakan akan bergerak cepat untuk menghadirkan suatu kebijakan yang tegas dalam memberantas pembajakan.

“Satgasnya ini multisektor yang melibatkan kepolisian, kejaksaan, termasuk pengadilan tinggi, kita juga memastikkan hadirnya BSSN, juga dari Kemenkominfo, multisektor agar holistik pendekatannya," kata Sandiaga.

"Hal ini masih work in progress (tengah proses) statusnya. Lalu, stimulus untuk industri film juga masih dalam progres," tandasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT