10 April 2021, 21:35 WIB

Albumin Bermanfaat untuk Penderita Gagal Ginjal


Mediaindonesia.com | Humaniora

PENYAKIT ginjal kronis (PGK) atau gagal ginjal kronis (GGK) merupakan kondisi saat fungsi ginjal menurun secara bertahap karena kerusakan ginjal. Secara medis, gagal ginjal kronis didefinisikan sebagai penurunan laju penyaringan atau filtrasi ginjal selama 3 bulan atau lebih.

Prof Dr dr Haerani Rasyid SpPD KGH SpGK menerangkan bahwa pada proses hemodialisa, darah dialirkan ke luar tubuh dan disaring dalam ginjal buatan (dialyzer). Darah yang telah disaring kemudian dialirkan kembali ke tubuh.

"Penggunaan albumin direkomendasikan karena merupakan indikator yang baik digunakan untuk menilai status gizi penderita dengan hemodialisis serta dapat mengganti nutrisi yang hilang," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (10/4). Salah satu produk Nucleus Farma, Onoiwa, merupakan sediaan oral albumin yang terbuat dari ekstrak ikan gabus dan memiliki kandungan aktif yang dapat membantu pasien gagal ginjal.

Di sisi lain, CEO Nucleus Farma Edward Basilianus menyampaikan bahwa biodiversitas tanaman obat yang dimiliki Indonesia sangat berpotensi untuk dikembangkan guna memenuhi kebutuhan produk berbahan herbal yang semakin meningkat. "Jika ini bisa dilakukan dengan optimal akan berdampak positif pada perekonomian nasional dan mendukung kemandirian industri obat berbahan herbal," katanya.

Nucleus Farma (PT Natura Nuswantara Nirmala) ialah leading local bio-tech company yang merupakan produsen inovatif obat natural dan suplemen kesehatan karena menggunakan bahan dasar alami lokal asli dari Indonesia. Nucleus Farma selalu mengedepankan nilai-nilai luhur kearifan lokal, serta turut berkontribusi dalam dunia kesehatan dengan menyediakan obat bahan herbal alami yang aman, berkhasiat, dan bermutu. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT