09 April 2021, 13:48 WIB

Presiden Jokowi: Terus Cari Korban Banjir yang Hilang di NTT


Andhika Prasetyo | Humaniora

PRESIDEN Joko Widodo menginstruksikan seluruh pihak terkait untuk terus melakukan pencarian terhadap korban banjir bandang di Nusa Tenggara Timur yang masih belum ditemukan.

Hingga Jumat (9/4) siang, Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat korban meninggal akibat bencana di NTT mencapai 163 orang dan masih ada 45 orang dalam tahap pencarian.

"Ini yang akan terus kita usahakan agar yang dalam pencarian tadi bisa segera ditemukan," ujar Jokowi di Lembata, NTT, Jumat (9/4).

Kepala negara mengakui, di lapangan, proses pencarian memang sangat sulit. Banyak batu-batu besar yang terdampar karena terbawa arus banjir sehingga menyulitkan para petugas.

"Kalau kita lihat di lapangan memang keadaannya bebatuan, batu-batu besar yang itu sangat menyulitkan alat-alat berat kita. Tetapi tadi sudah saya perintahkan untuk terus dicari dan ditemukan yang masih hilang," ucap mantan wali kota Solo itu.

Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, sebelumnya telah menetapkan status tanggap darurat penanganan bencana banjir bandang, longsor, dan gelombang pasang yang terjadi di wilayahnya. Status tersebut ditetapkan terhitung mulai 4 hingga 17 April 2021 mendatang untuk mempercepat proses pemulihan wilayah setempat selepas bencana. (Pra/OL-09)

BERITA TERKAIT