08 April 2021, 20:47 WIB

Banyak Pasien Covid-19 Tidak Mengetahui Penyakit Komorbidnya


mediaindonesia.com | Humaniora

Covid-19 jauh lebih berbahaya menyerang orang dengan kondisi kesehatan yang kurang baik, terlebih mempunyai penyakit bawaan atau komorbid.

PANDEMI virus korona atau Covid-19  telah merebah lebih dari setah di Tanah Air. Beriringan dengan upaya pencegahan Covid-19 melalui vaksinasi nasional, tes diagnosa Covid-19 juga tetap dilaksanakan.

Saat ini sudah banyak sekali metode screening Covid-19, dari rapidtest Antigen, PCR swab, hingga  Genose-19 yang paling baru.

Akan tetapi, kecemasan masyarakat akan Covid-19 membuat mereka berpikir sudah cukup untuk melakukan tes screening Covid-19 dan vaksin saja.

Padahal hal utama yang diserang virus ini adalah kesehatan mereka sendiri. Di sinilah sebenarnya peran pemeriksaan kesehatan dibutuhkan untuk menilai risiko terhadap kesehatan.

Dalam keterangan kepada media, Kamis (8/4), dr. Restu Natasya mengungkapkan pemeriksaan swab PCR sejatinya digunakan untuk mengonfirmasi status pasien apakah positif atau negatif Covid19.

“Untuk status kesehatan sendiri sebaiknya diperiksa menyeluruh melalui Medical Check Up secara berkala,” kata dr.Restu dari Klinik Medika Plaza, Jakarta.

"Selama kita mengetahui kondisi kesehatan diri sendiri, kita dapat mengetahui cara yang tepat untuk menangani penyakit atau mengambil tindakan preventif. Apalagi pada kasus Covid-19, faktanya banyak sekali pasien Covid-19 yang tidak mengetahui mereka memiliki penyakit komorbid," ucapnya.

Fakta, menurut dr.Restu, Covid-19 jauh lebih berbahaya menyerang orang dengan kondisi kesehatan yang kurang baik, terlebih mempunyai penyakit bawaan atau komorbid.

“Oleh karena itu, medical check up justru sangat dibutuhkan di masa-masa masyarakat sensitif akan kesehatannya seperti pandemi ini,” jelasnya.

Menurut dr.Restu, dengan rutin melakukan medical check up untuk diri sendiri dan keluarga minimal 1 tahun sekali, kemungkinan adanya penyakit yang dapat menyerang tubuh bisa dicegah sedini mungkin sebelum kondisinya semakin parah.

“Diagnosa penyakit yang tepat dan pengobatan yang sesuai akan sangat membantu dalam penanggulangan penyakit,” jelasnya.

Di sejumlah pusat layanan kesehatan termasuk Medika Plaza yang saat ini melayani screening Covid-19, juga mempunyai layanan pemeriksaan kesehatan atau medical check up.

Ia menyarankan untuk medical check up sebaiknya memiliki pelayanan kesehatan yang berpengalaman bertahun-tahun di bidang occupational health & safety (kesehatan dan keselamatan kerja). (RO/OL-09)

 

 

BERITA TERKAIT