07 April 2021, 16:25 WIB

Sido Muncul Sumbang Korban Banjir Bandang NTT


Rosmery Christina S | Humaniora

BANJIR bandang bandang yang melanda Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Minggu (4/4), telah menelan ratusan korban jiwa dan menyebabkan kerugian materiil. Dilansir dari Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB), hingga Selasa (6/4), pukul 21.00 WITA, ada 117 orang meninggal dunia dan 76 orang hilang di NTT.

Untuk membantu para korban tersebut  PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul, Tbk menyumbangkan dana senilai Rp650.000.000. Bantuan  disalurkan melalui Benihbaik.com, Komunitas Muslim NTT Aisyiyah Muhamadiyah, Keuskupan Larantuka, dan Keuskupan Atambua.

Baca juga: Peneliti UGM: Potensi Siklon Tinggi, Galakkan Sosialisasi Bencana

"Saya prihatin karena bencana ini hadir di tengah pandemi covid-19 dan masyarakat NTT yang sedang merayakan Paskah," ujar Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat, di Jakarta kemarin.

Secara simbolis, bantuan senilai Rp200 juta diserahkan kepada Perwakilan Benihbaik.com Don Bosco Selamun dan Denny Ramelan. Selain itu, Irwan juga menyerahkan bantuan kepada Sektretris Lembaga Lingkungan dan Penanggulangan Bencana Pimpinan Pusat Aisyiyah, Tri Lestari Masduki, sebesar Rp150 juta, ke Keuskupan Larantuka sebesar Rp150 juta, dan  dan Perwakilan Keuskupan Atambua juga  senilai Rp150juta.

"Saya senang bisa membantu. Melalui bantuan ini, kami berharap dapat membantu mengurangi beban masyarakat di sana yang sedang mengalami bencana. Para distributor Sido Muncul yang berada disana juga ikut menyumbang berupa produk-produk kesehatan. Karena di saat ini masyarakat korban bencana  butuh stamina yang kuat," tambahnya.

Irwan mengatakan bantuan untuk kepada Aisyiyah diberikan, karena ia melihat sekolah TK Muhamadiyah dipakai untuk menampung sejumlah pengungsi.

"Saya kira di Flores Timur itu orang Katolik semua, ternyata ada muslimnya juga. Ini menunjukkan keberagaman," katanya lagi.

Sementara itu, Don Bosco yang juga Dirut Metro TV mengatakan, semua bantuan yang masuk melalui Benihbaik.com pasti disalurkan.

"Kami diaudit oleh akuntan publik, dan orang-orang kami di lapangan sudah tahu apa yang dibutuhkan oleh para korban bencana," ujarnya.

Baca juga: Bupati Lembata Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana

Lestari menambahkan, bantuan yang diterimanya akan disampaikan ke Komunitas Muslim NNT Aisyiyah. 

"Akan kami pergunakan untuk keperluan anak-anak dan perempuan. Itulah tugas organisasi kami. Kalau yang berat-berat itu akan dikerjakan oleh Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah (Muhammadiyah Disaster Management Center/MDMC)," ujar Lestari. (RO/OL-6)
 

BERITA TERKAIT