07 April 2021, 11:39 WIB

Penelitian: 1 dari 3 Penyintas Covid-19 Alami Gangguan Mental


Basuki Eka Purnama | Humaniora

SATU dari tiga orang yang sembuh dari covid-19 mengalami gangguan neurologis atau mental, enam bulan kemudian. Hal itu terungkap dalam penelitian teranyar mengenai pengaruh mental dari covid-19 bagi para penyintas.

Penulis penelitian yang diterbitkan di jurnal Lancet Psychiatry, Rabu (7/4), membuktikan bahwa pasien covid-19 lebih mungkin mengalami masalah pada otak ketimbang mereka yang mengalami infeksi saluran pernafasan lainnya.

Dengan mempelajari data kesehatan dari lebih dari 230 ribu pasien yang sembuh dari covid-19, para peneliti menemukan 34% dari para penyintas didiagnosa mengalami masalah neurologis atau mental dalam tempo enam bulan.

Baca juga: Biden: Semua Warga Dewasa AS Bisa Divaksin Covid-19 Mulai 19 April

Gangguan neurologis yang paling banyak dialami penyintas covid-19 adalah rasa cemas (17% pasien) atau gangguan mood (14%).

Bagi 13% penyintas covid-19, gangguan neurologis itu merupakan kali pertama mereka didiagnosa dengan gangguan kesehatan itu.

Para peneliti juga mempelajari data dari lebih dari 100 ribu pasien influenza dan data dari lebih dari 236 ribu pasien infeksi saluran pernafasan.

Hasilnya, penyintas covid-19 memiliki risiko mengalami gangguan neurologis atau mental 44% lebih tinggi ketimbang penyintas fly dan 16% lebih tinggi dari penderita infeksi saluran pernafasan. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT