06 April 2021, 19:14 WIB

Akses Vaksinasi untuk Lansia Semakin Dipermudah


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

PEMERINTAH pusat dan pemerintah daerah berupaya mengoptimalkan program vaksinasi covid-19 untuk warga lanjut usia (lansia).

Vaksinasi bagi lansia bertujuan untuk menekan angka infeksi covid-19, berikut angka kematian akibat covid-19. Terlebih, kelompok lansia yang memiliki fatality rate tinggi terhadap paparan virus tersebut.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia menyebut saat ini ada sejumlah kemudahan untuk mengakselerasi dan membantu lansia mendapatkan akses vaksinasi. 

Baca juga: Pemerintah Perluas PPKM Mikro, Kasus Aktif Dinilai Berkurang

“Kini lansia bisa mendatangi pos pelayanan vaksinasi atau sentra vaksinasi, tanpa perlu keterangan domisili. Kita mengharapkan minimum 90% lansia sudah kita berikan vaksinasi dosis pertama di akhir Juni,” ujar Nadia dalam dialog virtual, Selasa (6/4).

“Kita sudah membuka begitu banyak sentra vaksinasi di puskesma maupun di beberapa pos layanan milik pemerintah," imbuhnya.

Akselerasi vaksinasi terhadap lansia memang diperlukan. Mengingat, tingkat partisipasi lansia dalam program vaksinasi covid-19 nasional baru sekitar 8,2%.

Baca juga: BMKG: Anomali Siklon Tropis Kian Mengkhawatirkan

Ketua Komnas KIPI Hindra Irawan Satari mengatakan ada beberapa faktor yang memengaruhi rendahnya tingkat partisipasi lansia. "Seperti, faktor ketakutan dan keraguan, yang selama ini menjadi faktor utama bagi lansia untuk mendatangi tempat vaksinasi,” papar Hindra.

Menurutnya, vaksinasi covid-19 sudah menyasar 145 juta orang di seluruh dunia dan dinyatakan tidak berbahaya. “Memang sudah ada kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang dilaporkan. Namun, saya bisa pastikan, KIPI ini adalah reaksi alamiah yang wajar. Ini terjadi pada setiap imunisasi. Artinya, vaksin tersebut aman dan dapat diberikan bagi lansia,” jelasnya.(OL-11)
 

 

BERITA TERKAIT