06 April 2021, 13:54 WIB

Percepat Evakuasi: BNPB Kerahkan Empat Helikopter


Andhika Prasetyo | Humaniora

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan mengerahkan empat helikopter untuk mempercepat proses pencarian dan penyelamatan korban banjir di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala BNPB Doni Monardo mengungkapkan dua helikopter saat ini sudah tiba di lokasi dan dua lainnya akan segera menyusul.

Selain untuk mengakselerasi proses evakuasi, alat transportasi udara tersebut juga akan digunakan untuk mendistribusikan berbagai bantuan kepada masyarakat yang tengah berada di pengungsian.

"Kami secara khusus juga menyiagakan satu pesawat kargo untuk memperlancar pendistribusian logistik," ujar Doni di Lembata, NTT, Selasa (6/4).

Pengerahan helikopter dan pesawat merupakan upaya konkret untuk menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo. Sebelumnya, dalam rapat terbatas secara virtual, kepala negara meminta seluruh jajarannya untuk mempercepat proses evakuasi dengan mengerahkan seluruh sumber daya yang ada.

Hingga Selasa siang, BNPB mencatat jumlah korban meninggal akibat banjir bandang dan longsor di NTT dan NTB sebanyak 81 orang. Adapun, 103 orang dilaporkan hilang dan masih dicari. Namun, ia mengatakan data tersebut akan berubah tiap jamnya.

"Untuk data-data korban sejauh ini masih fluktuatif. Ini data yang dihimpun dari pemda dari kabupaten/kota dan provinsi dan juga dari TNI-Polri. Data ini kemungkinan bisa terus berubah," ucapnya. (Pra/OL-09)

BERITA TERKAIT