06 April 2021, 11:58 WIB

KRI Bung Tomo 357 Terapkan Protokol Kesehatan


Agus Taufik | Humaniora

DI tengah situasi pandemi covid-19, KRI Bung Tomo 357 yang berjaga di Perairan Natuna, Kepulaun Riau, mewajibkan seluruh personelnya untuk selalu menerapkan protokol 3 M yakni dengan memakai masker menjaga jarak dan mencuci tangan.

Selain itu, penyinaran sinar ultraviolet juga dilakukan di KRI Bung Tomo 357 sebagai langkah antisipasi untuk mencegah penyebaran virus covid-19.

"Guna tetap menjaga imunitas para persoel, kami secara rutin melakukan kegiatan di luar ruangan seperti berjemur dan melakukan olah raga pagi," ujar Komandan kapal KRI Bung Tomo Kolonel Laut Rizky Prayudhi, Senin (5/4). 

Selain itu guna mencegah penyebaran droplet pihaknya juga melakukan penyinaran dengan menggunakan sinar ultra violet, di sejumlah ruangan secara bergantian. 

Tidak hanya itu, kata Kolonel Rizky, pihaknya juga secara berkala mematikan sistem pendinginan di beberapa ruangan untuk menyegarkan sirkulasi udara yang ada di ruangan kapal. 

"Protokol di tengah situasi pandemi covid ini KRI Bung Tomo menerapkan protokol kesehatan," ungkapnya. 

Baca juga: Bakamla Gagalkan Kapal Asing Pencuri Ikan di Natuna

Ia menjelaskan, untuk setiap personel yang akan masuk ke KRI Bung Tomo sudah disiapkan tempat untuk cuci tangan. 

KRI BungTomo juga punya protokol yang lain yakni ruangan secara bergantian diberikan penyinaran ultraviolet setiap setengah jam. Kemudian sistem pendingin kita kita matikan dulu di ruangan tertentu..

Sementara itu, sebagai langkah antisipasi sebelum melakukan pelayaran, para personel akan terlebih dahulu menjalani tes rapid antigen. Rizky juga menyatakan jika para personelnya sudah dilakukan vaksinasi covid-19. (A-2)

BERITA TERKAIT