24 March 2021, 23:26 WIB

Wakil Ketua MPR Apresiasi Rekor Dunia Jefri Setiawan


Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora

WAKIL Ketua MPR Lestari Moerdijat mengapresiasi pemecahan rekor dunia bermain piano oleh Jefri Setiawan. Pianis muda berusia 15 tahun asal Kendal, Jawa Tengah, tersebut sukses memainkan 150 lagu dengan piano selama sekitar 2 jam 45 menit nonstop dengan mata tertutup.

"Jefri menjadi mutiara yang membangkitkan pesan bagi semua anak bangsa dan harapannya seluruh masyarakat Indonesia," kata perempuan yang akrab disapa Rerie itu dalam keterangannya secara virtual di Universitas YARSI, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (24/3).

Rerie berharap rekor dunia yang ditorehkan Jefri menjadi motivasi anak muda Indonesia lain ikut berkarya. Salah satunya melalui seni musik seperti Jefri. "Teruslah berjuang, terus lantunkan pesan semangat, bahagia, dan harapan," papar politikus Partai NasDem itu.

Rerie juga mendorong para orang tua membimbing anaknya dengan baik. Supaya generasi penerus bangsa bisa berkontribusi bagi bangsa dan negara. "Juga menguatkan dan mempererat solidaritas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," tutur dia.

Jefri Setiawan berhasil memecahkan rekor dunia dengan memainkan 150 lagu dengan piano selama sekitar 3 jam 45 menit dari target lima jam dengan mata tertutup.

"Prestasi ini dipersembahkan bagi negara dan bangsa agar menginspirasi anak-anak Indonesia semakin bisa membanggakan nama Indonesia," kata Jefri yang kini mencatatkan namanya di dua buku rekor internasional sekaligus yakni American Books of Records dan European Records Book.

Rekor dunia yang diraih Jefri ini merupakan yang ketiga. Jefri memecahkan rekor dunia perdananya pada 2018 dengan memainkan 100 lagu dengan piano selama tiga jam nonstop dengan mata tertutup di Berlin, Jerman.

Setelah itu Jefri menorehkan rekor dunia kedua pada awal Maret 2020 di New Delhi, India. Dia tadinya hendak memainkan 120 lagu dengan mata tertutup selama 10 jam nonstop. Namun, dewan juri menyetop Jefri saat memainkan 10 lagu karena dianggap sudah layak memecahkan rekor dunia. (OL-15)

BERITA TERKAIT