25 March 2021, 12:05 WIB

SNMPTN, Kuota Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB Terbanyak


Zubaedah Hanum | Humaniora

SEBANYAK 1.630 calon mahasiswa dinyatakan lolos masuk Institut Teknologi Bandung jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021. Dari jumlah tersebut, fakultas/sekolah yang menerima calon mahasiswa terbanyak adalah di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) sebanyak 195 orang.

"Selanjutnya di FMIPA, 166 orang, dan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) Kampus Ganesha, 129 orang, serta FTTM Kampus Cirebon, 43 orang. Selamat bagi calon mahasiswa SNMPTN yang telah diterima,” kata Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof Jaka Sembiring, MEng dalam keterangan resmi yang dilansir dari laman ITB, Kamis (25/3),

Selain itu, sebaran daerah asal calon mahasiswa yang diterima di jalur SNMPTN ITB 2021 paling banyak berasal dari Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Adapun, daftar lengkap mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN bisa dilihat di situs web https://snmptn.itb.ac.id. Khusus jalur peminatan, pengumuman dapat dilihat pada laman https://minat.itb.ac.id.

Prof Jaka menambahkan, pendaftar SNMPTN 2021 mencapai 10.637 peserta. Dari jumlah tersebut, sebanyak 984 pendaftar mendaftar dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP)-Kuliah, dan hanya 142 calon mahasiswa yang diterima melalui jalur KIP-Kuliah tersebut.

“Dalam melakukan seleksi penerimaan, kami selalu mengedepankan kualitas akademik calon mahasiswa,” lanjut Prof Jaka.

Terkait dengan keringanan dalam pembiayaan, Prof Jaka menjelaskan bahwa ITB memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa yang kurang mampu untuk mengajukan beasiswa uang kuliah tunggal (UKT).

“ITB akan memenuhi kuota mahasiswa yang mendapatkan pembebasan UKT sebesar 20% di akhir masa penerimaan mahasiswa sarjana,” tegasnya.

Prof Jaka menjelaskan, selain melalui jalur SNMPTN, ITB juga membuka jalur SBMPTN dan Seleksi Mandiri. Sementara bagi calon mahasiswa yang menginginkan pengalaman internasional dapat memilih jalur kelas internasional.

Ia menuturkan, dalam proses penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN, ITB selalu berusaha untuk merekrut mahasiswa dari seluruh provinsi di Indonesia melalui berbagai skema yang ada. Pendekatan khusus terhadap pengembangan kewilayahan dan sumber daya manusia di kawasan tertentu, juga telah dilakukan antara lain dengan mengembangkan multi kampus, seperti ITB Kampus Cirebon, yang dimaksudkan memberikan perhatian khusus kepada siswa dari wilayah Kabupaten Cirebon dan Kota Cirebon, Indramayu, Kuningan, Majalengka, dan sekitarnya. (H-2)

BERITA TERKAIT