25 March 2021, 10:05 WIB

Calon Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN Unpad Sudah Bisa Mendaftar


Zubaedah Hanum | Humaniora

SEBANYAK 1.512 calon mahasiswa baru yang diterima Universitas Padjadjaran melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), diperbolehkan melakukan registrasi daring sejak Rabu (24/3) hingga Selasa (30/3) mendatang.

"Calon mahasiswa baru Unpad wajib melengkapi biodata dan mengunggah dokumen yang tersedia di laman https://students.unpad.ac.id/peserta/ mulai tanggal  24 Maret sampai 30 Maret 2021 pukul 17.00 WIB," demikian bunyi pengumuman yang dilansir dari laman Unpad.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof Arief S Kartasasmita, dr, SpM(K), MKes, mengingatkan calon mahasiswa baru untuk hanya melakukan registrasi di laman resmi Unpad. “Segera daftar melalui laman resmi unpad, perhatikan persyaratan yang harus dipenuhi,” katanya.

Prof Arief menjelaskan, Unpad akan melakukan verifikasi pada data dan dokumen yang diunggah calon mahasiswa, termasuk pendaftar KIP-Kuliah, mulai 30 Maret sampai 9 April 2021.

Selanjutnya, calon mahasiswa baru Unpad dapat mengetahui jumlah tagihan uang kuliah di laman https://students.unpad.ac.id/peserta/  dan wajib melakukan pembayaran uang kuliah melalui bank yang ditunjuk mulai tanggal 5 sampai 9 April 2021.

Setelah pembayaran diterima, Unpad akan menerbitkan Surat Tanda Bukti Resmi Menjadi Mahasiswa dan Kartu Tanda Mahasiswa atau KTM digital ke setiap mahasiswa baru paling lambat 9 April 2021.

Mengingat waktu registrasi yang tidak panjang, Prof Arief mengharapkan seluruh calon mahasiswa baru Unpad dapat memperhatikan tanggal yang telah ditentukan. Proses registrasi seluruhnya dilakukan melalui laman resmi Unpad.

Adapun yang harus diunggah secara daring oleh calon mahasiswa adalah sebagai berikut:

1. Kartu Peserta SNMPTN (asli)
2. KTP/Kartu Siswa (asli)
3. Kartu Keluarga (asli)
4. Akte Kelahiran (asli)
5. Ijazah Asli atau Surat Keterangan Lulus SMA/MA/SMK/setara;
6. Rapor Asli SMA/MA/SMK/setara (Halaman depan yang tertera nama calon mahasiswa serta halaman penilaian semester 1 s.d. 5 atau semester 1 s.d. 7 bagi SMK dengan masa belajar empat tahun)
7. Kartu Indonesia Pintar (KIP-Kuliah) yang asli, bagi calon mahasiswa yang memiliki dan telah mendaftar
8. Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah
9. Surat Keterangan Bebas Buta Warna bagi calon mahasiswa di Fakultas Kedokteran, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Pertanian, Kedokteran Gigi, Psikologi, Peternakan, Keperawatan, Teknologi Industri Pertanian, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Farmasi, dan Teknik Geologi
10. Surat Keterangan Bebas Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif
11. Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua
12. Rekening Listrik Terbaru  (3 bulan terakhir) atau Bukti Pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) Terbaru (3 tahun terakhir)
13. Foto tempat tinggal tampak depan
14. Foto Kendaraan yang dimiliki (opsional)
15. Kartu BPJS atau Asuransi Kesehatan yang dimiliki
16. Formulir Hasil Pengisian Biodata Calon Mahasiswa Baru Universitas Padjadjaran yang telah ditandatangani di atas materai Rp10.000;
17. Formulir Hasil Pengisian Biodata Orang tua/wali Calon Mahasiswa Baru Universitas Padjadjaran yang telah di tanda tangani di atas materai Rp10.000
18. Bagi peserta yang bukan penerima KIP Kuliah harus mengunggah Formulir Kesanggupan Untuk Membayar Biaya Pendidikan yang telah ditandatangani di atas materai Rp10.000
19. Bagi peserta bukan penerima KIP Kuliah, harus mengunggah bukti pembayaran biaya pendidikan dari bank
20. Surat Pernyataan bersedia mentaati peraturan yang berlaku di Universitas Padjadjaran yang telah ditandatangani di atas materai Rp10.000
21. File foto berformat JPG atau PDF maksimal berukuran 1MB, dengan latar belakang warna putih dan menggunakan kemeja dengan blazer berwarna gelap.

Unpad akan melakukan verifikasi terhadap dokumen yang diunggah oleh calon mahasiswa dan akan menghubungi ke nomor handphone atau alamat email yang bersangkutan jika menemukan dokumen yang tidak valid. (H-2)

BERITA TERKAIT