24 March 2021, 19:52 WIB

Pianis Cilik Asal Kendal Berhasil Pecahkan Rekor Dunia


Robby Pratama | Humaniora

JEFRI SETIAWAN, Pianis muda berusia 15 tahun asal Kendal, Jawa Tengah terus mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia musik internasional. 

Setelah mendapatkan berbagai macam penghargaan dan mencatatkan diri sebagai pemegang rekor dunia bermain piano nonsetop dengan mata tertutup. Jefri berhasil memecahkan rekor dengan bermain piano selama 3 jam 45 menit dan berhasil memainkan 150 lagu dengan mata tertutup di Universitas Yarsi, Jakarta, Rabu (24/3).

"Ya untuk acara hari ini sudah dipersiapkan selama 3 bulan sebelumnya, tinggal penentuan hari H sekarang InsyaAllah siap," ujar Jefri dalam keterangan yang diterima, Rabu (24/3).

Sebagai tambahan, Jefri mengatakan, dalam usahanya kali ini bukan hal yang mudah. Menghafal sebanyak 150 lagu dengan bermain piano sambil menutup mata butuh hal ekstra . 

"Saya harus bisa berkonsentrasi tinggi dalam menghafal, membutuhkan ketenangan, pengendalian emosi, stamina yang prima, skill yang tinggi," ungkapnya.

Baca juga: Pianis Cilik Asal Kendal Akan Pecahkan Rekor Dunia

Adapun terdapat syarat Aturan memecahkan rekor dunia menghafal 150 lagu sambil bermain piano dalam kondisi tertutup selama 5 jam nonsetop. 

Kemudian dalam upaya memecahkan rekor jefri diberikan waktu istirahat dua kali masing-masing lima menit, diperbolehkan: mendukung atau memberikan applause sebanyak 4 kali dalam pertunjukan ini.

Syarat kedua, Jefri tercatat dalam "European Records Book" dan "America Book Of Records", jika ia berhasil menghafal lebih dari 20% 120 lagu saat bermain piano dalam keadaan mata tertutup dari pemegang rekor dunia yang berusaha diraihnya di Berlin, Jerman. 

Syarat berikutnya, jika ada kesalahan yang dilakukan oleh jefri, dia diberikan 3 kali uji coba untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Jika dia tidak bisa menghafal dan memainkan piano tidak lebih dari 120 lagu, itu berarti dia gagal 

Syarat terakhir Keputusan dari "European Records Book" dan "America Book Of Records"  tidak dapat diganggu gugat. Penghargaan yang diberikan nama pemecah rekor akan tercatat dan diserahkan berupa sertifikat pemecah rekor. (A-2)

BERITA TERKAIT