24 March 2021, 14:10 WIB

Unair Mulai Terapkan Kuliah Tatap Muka 


Fatma Ayu  | Humaniora

UNIVERSITAS Airlangga Surabaya menerapkan perkuliahan secara tatap muka dan daring mulai Senin (22/3). Untuk tahap awal, perkuliahan secara hybrid itu baru dilakukan di Fakultas Kedokteran dan Fakultas Farmasi yang memang memerlukan praktik secara langsung. 

"Kita menyadari Fakultas Kedokteran akan menghasilkan dokter yang harus mengelola kasus-kasus (sakit) pasien, tidak mungkin kita belajar tanpa mengetahui, tanpa berkomunikasi, dan memeriksa pasien," kata Dekan Fakultas Kedokteran Unair Prof Budi Santoso di Surabaya, Rabu (24/3)

Untuk S-1 FK Unair, pembelajaran tatap muka hanya dilakukan 10% mahasiswa untuk satu angkatan, yakni 25-30 orang dengan protokol kesehatan yang ketat. Sedangkan mahasiswa lainnya akan mengikuti perkuliahan secara daring.

Begitu juga dengan Dokter Muda Unair, yang menjalani coass (co-assistant) di rumah sakit, telah menjalani praktek secara langsung
maupun melalui daring mulai 9 November 2020. Jangka waktunya hanya 3-4 jam tanpa melakukan jaga malam dan jaga sore.

Sementara itu, di Fakultas Farmasi mahasiswa dituntut menjalani praktek laboratorium, sehingga memerlukan perkuliahan tatap muka dengan jumlah yang terbatas dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Karena itu fakultas tersebut juga telah mulai menerapkan sistem perkuliahan hybrid. (Metro TV/X-12)

BERITA TERKAIT