24 March 2021, 11:25 WIB

Terapi Catur Atasi Stress dan Depresi Anak-anak di Rumah Amalia


Eni Kartinah | Humaniora

SELAMA pandemi Covid-19 telah melewati setahun lebih dan hingga kini  belum di ketahuai kapan akan berakhir. Banyak orang terdampak dalam berbagai sektor kehidupan mengalami depresi dan stress, sementara kecemasan dan depresi juga dialami oleh para penderita penyakit seperti diabetes, jantung dan darah tinggi karena keadaan pandemi Covid-19.

"Di tengah pandemi Covid-19, kita dituntut untuk menemukan makna hidup ini terus mendorong kita tetap produktif walau ada banyak hambatan dan kesulitan," jelas Ketua Rumah Amalia M Agus Syafii kepada media, Rabu (24/3).

Rumah Amalia adalah rumah belajar yang juga memberikan pendampingan dan pemulihan anak-anak yang kehilangan orangtua baik meninggal atau bercerai.

Agus menjelaskan bahwa catur adalah,sebuah permainan yang di menguji kreativitas,fokus dan juga strategi ini sedang marak kembali di masa Covid-19.

"Dengan bermain catur seseorang mampu untuk menemukan makna hidup ditengah pandemi. Selain bisa menemukan harapan hidup, catur juga bisa membuat kita relaksasi, melepaskan beban kehidupan untuk sementara waktu," papar Agus.

Ia menambahkan,"Kegiatan ini di adakan sejak awal pandemi Covid-19,anak-anak yang dirumah saja kita ajak mereka dan kita ajarkan untuk bermain catur,sehingga anak-anak bisa menemukan makna hidup,dan jga mengurangi anak agar tidak ke canduan dawai (gadget)."

Di Rumah Amalia, anak-anak didorong untuk bermain catur sebagai bentuk terapi agar bisa relaksasi dan mengurangi stres dan depresi pada anak sehingga catur membawa dampak yang positif bagi anak-anak. 

Anak-anak di Rumah Amalia dengan bermain catur anak-anak lebih ceria, bahagia, sportivitas, tanggungjawab dan memiliki makna hidup selama pandemi ini.

Manfaat bermain catur juga dirasakan anak yang bernama Hisyam Syafii yang sering mengikuti permainan catur di Rumah Amalia 
Siswa kelas 5 SD tersebut menyukai permainan catur dengan belajar secara otodidak.

Hisyam mengatakan dirinya suka dengan permainan catur ini karena bisa mengasah ketelitian, fokus, dan juga strategi dalam permainan ini. (NIk/OL-09) 

BERITA TERKAIT